Kemarin 2,3 juta pekerja dapat subsidi gaji, gempa melanda Melonguane

Kemarin 2,3 juta pekerja dapat subsidi gaji, gempa melanda Melonguane

Arsip Foto. Pekerja keluar dari pabrik sepatu di Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (31/8/2020). Pemerintah memberikan bantuan subsidi gaji Rp600.000 per bulan selama empat bulan bagi pekerja dengan upah kurang dari Rp5 juta per bulan guna meningkatkan daya beli pekerja. (ANTARA FOTO/CANDRA YANUARSYAH)

Jakarta (ANTARA) - Pada Minggu (6/9) gempa dengan magnitudo 6,9 melanda daerah Melonguane di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dan pemerintah menyatakan bahwa 2,3 juta pekerja dengan upah kurang dari Rp5 juta per bulan sudah mendapat subsidi gaji dari pemerintah.

Selain itu ada warta mengenai perkembangan kasus COVID-19 dan penanganannya serta penyediaan stok beras bantuan sosial yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Gempa di Melonguane akibat subduksi lempeng laut Filipina

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi dengan magnitudo 6,9 yang melanda Kota Melonguane di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Minggu malam, termasuk gempa bumi menengah yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng laut Filipina.

Gempa bumi dengan episenter di laut pada kedalaman 117 km di 280 km arah utara Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, tersebut getarannya dirasakan di daerah Tahuna dan Siau.

Subsidi gaji telah disalurkan ke 2,3 juta pekerja

Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan bahwa sampai Jumat (4/9) dana subsidi gaji dari pemerintah telah disalurkan kepada 2.310.974 pekerja dengan upah kurang dari Rp5 juta. Angka tersebut mencakup 92,44 persen dari total penerima bantuan subsidi upah tahap pertama sebanyak 2,5 juta pekerja.

Tambah 3.444, kasus COVID-19 di Indonesia jadi 194.109

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Minggu pukul 12.00 WIB mencatat tambahan 3.444 kasus COVID-19 sehingga jumlah akumulatif kasus penularan virus corona tipe baru di Indonesia mencapai 194.109. Dalam empat hari terakhir, penambahan kasus infeksi virus corona selalu di atas 3.000.

Pembatasan sosial skala mikro turunkan kasus COVID-19 di Kota Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa penerapan pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas (PSBMK) yang dibarengi dengan razia masker berkontribusi pada penurunan kasus COVID-19 di wilayahnya.

"Sejak diberlakukannya PSBMK pada 29 Agustus lalu, angka temuan kasus positif COVID-19 terlihat mulai ada tren menurun," kata Bima Arya di sela kegiatan kunjungan ke sejumlah RW merah di Kota Bogor, Minggu.

Pemerintah pastikan stok beras untuk bantuan sosial aman

Menteri Sosial Juliari P Batubara memastikan stok beras untuk bantuan sosial beras bagi 10 juta keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) aman hingga Oktober 2020.

Pemerintah memberikan bantuan beras 15 kg per bulan per keluarga penerima manfaat PKH dari Agustus hingga Oktober 2020. Penyaluran bantuan beras dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama (30 kg per keluarga) pada September dan tahap kedua (15 kg per keluarga) pada Oktober.
 
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020