Jakarta (ANTARA) - Klub-klub sepak bola Indonesia, para pemain yang masih aktif dan mantan pemain, sampai Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan turut menyampaikan rasa berduka cita terkait wafatnya mantan pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl.

Pelatih asal Austria berusia 70 tahun, Riedl, diketahui meninggal dunia akibat sakit pada Senin malam waktu setempat.

Akun-akun resmi media sosial klub sepak bola Indonesia seperti Persija Jakarta, Arema Malang, Persebaya Surabaya, dan Madura United terlihat turut menyampaikan rasa duka cita terhadap meninggalnya mantan pelatih yang tiga kali menukangi Tim Garuda tersebut.
 
Baca juga: Mantan pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl tutup usia

Ungkapan berbela sungkawa juga diberikan oleh sejumlah pemain dan mantan pemain timnas melalui akun media sosialnya masing-masing.

Irfan Bachdim yang menjadi anak buah Riedl pada Piala AFF 2016 melalui akun Instagram resminya mengatakan Riedl lebih dari sekedar pelatih, dan merupakan sosok yang rendah hati dan jujur sambil memasang foto saat keduanya masih tergabung dalam timnas Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaanku mendengar berita mengerikan ini.???? Dia lebih dari sekedar pelatih. Pria yang rendah hati dan jujur yang akan melakukan apapun untuk memenangkan pertandingan. Seorang pelatih yang mempercayai aku dari hari pertama! Dia datang dari sebuah tim, sebuah keluarga yang akan berjuang sampai akhir! Coach, saya berterima kasih untuk semua yang telah Anda lakukan untuk saya! Semoga coach beristirahat dengan damai! Anda akan selalu dirindukan! Saya akan selalu berjuang untuk Trophy yang pantas Anda miliki saat bersama kamu! Terima kasih atas dedikasi untuk sepakbola Indonesia . Words can’t describe how I feel hearing this horrible news. ???? He was more then just a coach. A humble and honest man who will do everything to win a game. A coach who believed in me from day one! He made from a team a family, who would fight till the end! Coach I thank you for everything you have done for me! May you Rest In Peace! You will be missed! I will always fight for a Trophy you deserved to have with us! Thank you for what you have done for Indonesian football! #CoachAlfredRiedl #RIP ????

A post shared by Irfan Haarys Bachdim (@ibachdim) on


Mantan gelandang timnas yang kini menjabat sebagai Presiden Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) Firman Utina menyampaikan rasa belasungkawanya dengan mengunggah foto Riedl berwarna hitam-putih sambil memasang tagar kenangan 2010-2014.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Selamat jln Coach ???????????? Terimakasih sudah berjasa di dalam diri kami dan juga bangsa kami,#kenagan2010 - 2014

A post shared by Firman Utina (@firmanutina1515) on


Pendekatan serupa dilakukan mantan penyerang timnas yang kini merupakan manajer Persija Bambang Pamungkas dengan mengunggah foto hitam-putih Riedl milik akun resmi PSSI.

Namun Bepe menuliskan komentar yang jauh lebih panjang dengan mengatakan bahwa ia menyadari bahwa masa-masa dirinya bekerja sama dengan Riedl bukan saat terbaik bagi dirinya.

Meski demikian Bepe merasa telah belajar banyak dari Riedl, terutama mengenai etos kerja dan profesionalisme, sebelum mendoakan yang terbaik untuk sang pelatih.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

???????? . Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yg sedalam-dalamnya atas berpulangnya Coach Alfred Riedl. Alfred adalah sosok yang tegas, solid, dan selalu menilai segala sesuatu secara fair. Saya harus jujur, jika selama Alfred memegang kendali tim nasional bukanlah masa-masa terbaik saya. Namun sebagai pribadi maupun pesepakbola, saya banyak belajar tentang apa itu etos kerja, dan profesionalisme. Siapa pun yang pernah bekerja sama dengan Alfred saya yakin merasakan hal yang sama. Terima kasih untuk semua yang telah engkau berikan bagi sepak bola Indonesia. Doa terbaik untuk almarhum, dan keluarga yg ditinggalkan ???? . #Selamat Jalan #AlfredRiedl #TerimaKasih . Photo by @pssi . ••••

A post shared by • Bambang Pamungkas • (@bepe20) on


Dua pemain asal Surabaya yang pernah berkibar di timnas dan kini bermain di Jakarta, Evan Dimas dan Andik Vermansyah juga tidak ketinggalan menyampaikan rasa duka citanya melalui akun Instagram masing-masing.

Mantan palang pintu timnas yang kini berseragam Persita Tangerang Hamka Hamzah menggunakan pendekatan yang serupa dengan Bepe untuk menyampaikan duka citanya terhadap wafatnya Riedl, yakni mengunggah foto dari akun resmi PSSI.

Sebagaimana para pemain lain, Hamka juga menyatakan dirinya belajar banyak dari pelatih yang pernah mengarsiteki enam timnas itu.
 

Tidak lupa, ucapan bela sungkawa juga disampaikan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, melalui video yang dikirimkan kepada para pewarta.

"Kami dari seluruh pengurus PSSI mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya mantan pelatih tim nasional Alfred Riedl. Semoga arwah beliau diterima di sisi Tuhan yang maha kuasa. Selamat jalan, Alfred Riedl," kata sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Baca juga: PSSI: Skuad timnas Indonesia U-19 belum aman
Baca juga: Shin Tae-yong tetapkan 30 pemain timnas U-19 untuk TC Kroasia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020