karena kondisi beliau masih sehat dan stabil
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat belum melakukan rapid test setelah sempat kontak dekat dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang dinyatakan positif COVID-19.

"Bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat belum melakukan rapid test COVID-19 karena kondisi beliau masih sehat dan stabil," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Kesehatan Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu ketika dihubungi ANTARA, Kamis.

Marius mengatakan hal itu terkait upaya pencegahan penyebaran kasus COVID-19 setelah Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo terpapar COVID-19.

Baca juga: Wartawan Kabupaten Kupang uji swab usai Menteri Edhy positif COVID-19

Beberapa pejabat dan wartawan serta masyarakat di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang telah menjalani rapid test dan uji usap atau swab COVID-19.

Pemeriksaan terhadap sejumlah pihak itu dilakukan setelah sempat melakukan kontak erat dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Menteri Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur, pada Jumat-Sabtu (29-29/8) lalu untuk melihat potensi sektor kelautan dan perikanan di NTT.

Baca juga: Menteri Edhy positif, 10 pejabat di NTT lakukan uji usap

Selama kunjungan kerja berlangsung, Menteri Edhy Prabowo didampingi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Marius mengatakan, pemeriksaan rapid test atau melakukan pemeriksaan swab terhadap Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dilakukan apabila ditemukan gejala yang mengarah pada COVID-19.

"Beliau masih tampak sehat-sehat sehingga belum melakukan pemeriksaan rapid test atau pemeriksaan swab. Kita lihat perkembangan ke depan," kata Marius.

Ia mengatakan, Menteri Edhy Prabowo kemungkinan terpapar COVID-19 di luar NTT karena sebelum berkunjung ke provinsi berbasis kepulauan ini sudah melalui pemeriksaan rapid test dan dinyatakan bebas COVID-19. 

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di NTT terus bertambah
Baca juga: Warga NTT uji swab setelah kontak erat Menteri Edhy Prabowo

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020