Puluhan warga Pondok Pinang terima bantuan IUMK

Puluhan warga Pondok Pinang terima bantuan IUMK

Penyerahan bantuan Izin Usaha Kecil Menengah (IUKM) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diberikan secarw virtual, Jumat (11/9/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 24 warga RW 05 Kampung Baru, Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan menerima bantuan Izin Usaha Kecil Menengah (IUMK) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat.

IUMK merupakan bantuan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) UMKM dalam rangka mendukung keberlangsungan pelaku UMKM di masa pandemi COVID-19.

Bantuan IUMK diserahkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Basweda secara daring di Aula Kecamatan Kebayoran Lama.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Kebayoran Lama Erwin mengatakan Kampung Baru Kelurahan Pondok Pinang merupakan satu dari 21 kampung prioritas yang dipilih oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menerima program KSBB UMKM.

"Kami mengundang 24 penerima IUMK dari Kampung Baru yang merupakan 1 dari 21 kampung prioritas se-DKI, tepatnya warga di RW 05 Kelurahan Pondok Pinang," kata Erwin.

Baca juga: Anies dikritik tak libatkan DPRD berlakukan kebijakan PSBB total

IUMK tersebut diserahkan dalam rangka menyikapi situasi pandemi COVID-19 yang berdampak pada aktivitas UMKM yang banyak mengalami kerugian.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan komitmennya untuk memulihkan perekonomian mikro kecil dan menengah Ibu Kota melalui program KSBB UMKM.

Pemprov DKI merelaksasi penerbitan IUMK, Akad Kredit Usaha, dan Penyerahan Akte Pendirian Koperasi kepada 21 Kampung Prioritas yang tersebar di 10 kecamatan di Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meresmikan program tersebut secara daring di Balai Kota Jakarta, pada Jumat (11/9).

"Saya sampaikan selamat kepada teman-teman yang mendapatkan izin usaha mikro, mendapatkan akta kredit dan izin pendirian koperasi yang hari ini secara resmi diserahkan," ujar Gubernur Anies dalam keterangan tertulis yang diterbitkan Kominfotik Jakarta Selatan.

Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat dan dunia usaha bahu membahu membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan di masa pandemi lewat program KSBB UMKM.

Ada beberapa paket bantuan yang disediakan Pemprov DKI melalui program KSBB UMKM, yakni paket sarana prasarana, paket pinjaman modal dan paket pelatihan.

Baca juga: Anggota DPR yakini PSBB bisa membuat ekonomi bangkit

Informasi lengkap mengenai paket KSBB UMKM dapat dilihat dari akun instagram resmi milik Pemprov DKI dengan alamat @dkijakarta.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020