Itu bagus sekali buat dia pribadi dan tentunya juga buat Persija karena dengan bermain sebagai 'striker', dia mendapatkan kesempatan bermain di banyak posisi
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Sudirman memuji penampilan pemain muda timnya Braif Fatari di tim nasional U-19 yang kini menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Minggu, sanjungan Sudirman mengalir utamanya karena Braif tampil impresif ketika diturunkan sebagai penyerang, bukan di posisi aslinya yaitu gelandang.

"Itu bagus sekali buat dia pribadi dan tentunya juga buat Persija karena dengan bermain sebagai 'striker', dia mendapatkan kesempatan bermain di banyak posisi," ujar Sudirman.

Baca juga: Braif Fatari optimistis dengan peluang timnas di Piala Asia U-19

Braif Fatari diturunkan sebagai penyerang oleh pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong dalam Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Kroasia.

Setelah hanya duduk di bangku cadangan saat menghadapi Bulgaria di pertandingan pertama turnamen, Braif kemudian dipercaya turun sejak menit pertama di dua laga selanjutnya yaitu menghadapi Kroasia dan Arab Saudi.

Dalam laga kontra Kroasia, Braif memang tidak mencetak gol. Namun, gol Indonesia dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 1-7 untuk kemenangan Kroasia tersebut tidak lepas dari kontribusi Braif.

Braif berhasil memotong bola dari pemain Bulgaria sebelum serangan diarahkan ke sayap di mana Pramata Arhan menunggu, lalu mengirimkan assist untuk gol Amiruddin Bagas.

Baca juga: Timnas U-19 kejar ketinggalan tiga gol tahan imbang Arab Saudi 3-3

Sementara saat berduel dengan Arab Saudi, Braif melesakkan gol penyama kedudukan menjadi 3-3 di menit akhir pertandingan. Timnas U-19 saat itu tertinggal 0-3 terlebih dahulu sebelum akhirnya laga berakhir seri.

Braif Fatari tidak mempermasalahkan apapun tugas yang diberikan pelatih.

Pesepak bola asal Sorong, Papua Barat itu menegaskan dirinya akan terus berupaya tampil maksimal di posisi mana saja.

"Saya harus selalu siap diturunkan di posisi manapun baik itu gelandang maupun striker. Berada di posisi baru itu juga baik untuk saya ke depan," tutur Braif.

Baca juga: PSSI: Timnas U-19 hadapi Qatar hingga Dinamo Zagreb mulai 17 September
Baca juga: Shin Tae-yong: pertahanan dan stamina timnas U-19 bermasalah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020