Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Bora Hansgrohe Lennard Kamna menjadi yang tercepat pada etape 16 Tour de France 2020, yang berlangsung dari La Tour du Pin sampai Villard de Lans, Selasa.

Kamna memenangi etape dengan cukup meyakinkan. Ia finis dengan catatan waktu 4 jam 12 menit 52 detik, unggul 1 menit 27 detik atas Richard Carapaz di urutan kedua dan memimpin 1 menit 56 detik atas pebalap finis urutan ketiga Sebastien Reichenbach, demikian catatan laman resmi Tour de France.

Pebalap Jerman itu tampil bagus setelah melakukan breakaway jarak jauh. Ia mengungguli pebalap Ineos Carapaz pada beberapa kilometer terakhir, setelah keduanya menjadi bagian dari kelompok pebalap yang menjauhi peloton.

Baca juga: Tadej Pogacar menangi etape ke-15 Tour de France
Baca juga: Klasemen sementara Tour de France setelah etape ke-15


Carapaz tampil cukup bagus dengan kemampuannya melancarkan dua "attack" untuk menjauhkan diri dari grup breakaway.

Namun Kanma, yang hampir memenangi etape pertamanya di Tour de France saat ia kalah adu sprint dari Dani Martinez pada pekan lalu, mampu memanfaatkan kelengahan Carapaz.

Ini merupakan kemenangan etape pertama di Tour de France bagi Kamna, sekaligus kemenangan pertama timnya, Bora, di Tour de France tahun ini.

Juara bertahan Egan Bernal yang sudah kehilangan harapan untuk mempertahankan gelarnya ketika ia terjatuh di etape ke-15, tersisih dari rombongan pebalap terdepan di tanjakan Saint-Nizier. Bernal terlihat mengalami sakit punggung.

Grup pemimpin klasemen mendaki gunung bersama-sama sekitar 15 menit, ketika Tadej Pogacar berusaha mengungguli Primoz Roglic dan rekan-rekan setimnya di Jumbo.

Pebalap Kolombia Miguel Angel Lopez menyalip mereka semua pada 200 meter terakhir, namun ia kemudian dapat segera dikejar.

Etape 17 yang berlangsung besok adalah trek pegunungan yang berat di Alpen, sejauh 170 kilometer dan berakhir di Meribel, di puncak Col de la Loze, 2.034 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Direktur Tour de France kembali ke balapan setelah dites negatif
Baca juga: Tidak ada pebalap Tour de France yang positif COVID-19

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020