Lonjakan pemohon NIB untuk UMK memang menjadi kabar sangat baik. Jumlah pengajuan di bulan ini dua kali lipat dari rata-rata per bulan selama periode Januari-Agustus 2020, ...
Jakarta (ANTARA) - Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (Pusat KOPI BKPM) mencatat pengajuan nomor induk berusaha (NIB) dalam sistem Online Single Submission (OSS) pada Agustus mencetak rekor terbanyak sepanjang 2020.

Pengajuan NIB pada Agustus 2020 mencapai 126.878 permohonan, naik 165,9 persen dibandingkan Juli 2020. Padahal, selama ini NIB yang diterbitkan belum pernah melebihi jumlah 100 ribu dalam satu bulan sepanjang 2020.

Baca juga: Bahlil: RUU Cipta Kerja jadi "karpet merah" semua investor

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, BKPM juga mencatat peningkatan kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah yang paling signifikan di antara jenis usaha lainnya. Pada Agustus 2020. sebanyak 82,2 persen dari NIB berasal dari sektor usaha menengah kecil (UMK), yakni sebesar 104.240 pemohon.

"Lonjakan pemohon NIB untuk UMK memang menjadi kabar sangat baik. Jumlah pengajuan di bulan ini dua kali lipat dari rata-rata per bulan selama periode Januari-Agustus 2020, bahkan angka ini lebih besar dari sebelum pandemi. Sektor UMK yang rata-rata per bulan 64,3 persen dari total NIB, di Agustus ini mencapai 82,2 persen," kata Juru Bicara BKPM Tina Talisa.

Baca juga: Menko Airlangga paparkan empat strategi perbaiki iklim investasi RI

Menurut Tina, sektor UMKM juga menjadi pahlawan ekonomi semasa krisis ekonomi di Indonesia tahun 1997-1998. Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, UMKM juga turut terdampak signifikan. Tren peningkatan NIB UMK yang melonjak tajam di bulan ini memberikan harapan bagi ketahanan ekonomi Indonesia.

"Memang luar biasa. Cepat sekali pasar merespon kebijakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pemulihan UMKM. Kami harap ini menjadi sinyal positif di tengah tekanan ekonomi masa pandemi. Banyak UMKM yang lahir dan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga dapat memutar roda perekonomian bangsa," imbuh Tina.

Total pengajuan NIB pada Agustus 2020 mencapai 126.878 pemohon. Setelah sektor UMK yang mendominasi, jumlah pengajuan usaha non-perseorangan merupakan terbesar kedua, yaitu mencapai 20.161 NIB. Kemudian, pengajuan bagi usaha Perseorangan sebesar 2.436 dan pengajuan pembukaan kantor perwakilan perusahaan asing sebesar 42 pemohon.

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020