Korsleting listrik picu kebakaran di kafe Ms. Jackson

Korsleting listrik picu kebakaran di kafe Ms. Jackson

Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan memadamkan kebakaran di kafe dan bar Ms. Jackson, Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Korsleting listrik pada salah satu ruangan diduga menjadi pemicu kebakaran bar dan kafe Ms. Jackson di Jalan Suryo, Kelurahan Rawa Barat, Jakarta Selatan, Jumat.

"Laporan kebakaran diterima pukul 13.29 WIB," petugas Damkar Jakarta Selatan, Agus Guritno di Jakarta, Jumat malam.

Sebanyak 10 unit pemadam kebakaran beserta 60 personel dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi itu.

Upaya pemadaman berlangsung lama, karena api mudah membesar sehingga petugas membutuhkan waktu hingga empat jam untuk benar-benar membuat api benar-benar padam.

Menurut petugas, ruang yang terbakar tidak memiliki ventilasi atau buangan asap, hingga menyulitkan upaya pemadaman.

"Ruangan tidak ada ventilasi atau buangan asap," katanya.
Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan memadamkan kebakaran di cafe dan bar Ms. Jackson, Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)

Api berhasil dipadamkan oleh petugas pukul 17.00 WIB. Luas area yang terbakar seluas 340 meter persegi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tetapi kerugian materil akibat kebakaran ditaksir sebesar Rp15 miliar.

Vinnie Kinetica Rumbayan selaku owner Ms. Jackson menyebutkan penyebab kebakaran dari korsleting listrik yang ada di salah satu lantai bangunan bar tersebut.

"Dugaan awal pada korsleting listrik di lantai dua Ms. Jackson," kata Vinnie.

Menurut Vinnie, taksiran kerugian begitu besar karena banyak barang-barang elektronik yang terbakar, termasuk interior yang menggunakan bahan dasar yang mahal, hingga imbas dari pemadaman yang berdampak ke lantai satu gedung ruko tersebut.

"Kenapa sebanyak itu kerugiannya, karena banyak barang elektronik seperti soundsystem, alat DJ, ac, exhaust sistem kabel, interior yang cukup mahal bahan dasar, sampai kerugian dari banjir sampai ke lantai bawahnya," kata Vinnie.

Baca juga: Arus pendek listrik picu kebakaran di Cipete Utara
Baca juga: 17 unit pemadam dikerahkan padamkan kebakaran di Cipete Utara


Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020