Polda Sumbar kirim ratusan personel Brimob bantu pengamanan di DKI

Polda Sumbar kirim ratusan personel Brimob bantu pengamanan di DKI

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto didampingi Dansat Brimob Polda Sumbar Kombes Pol Jony Afrizal melepas personel ke Jakarta di Mako Brimob Padang Sarai Kota Padang, Rabu (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengirimkan 100 personel Satuan Brimobda Polda Sumatera Barat ke Jakarta untuk membantu pengamanan unjuk rasa RUU Cipta Lapangan Kerja yang telah disahkan DPR RI bersama pemerintah.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Rabu mengatakan ratusan personel tersebut berangkat sore ini ke Jakarta.

Ia mengatakan pengiriman ini merupakan perintah dari Mabes Polri sesuai dengan permintaan bantuan pengamanan dari Polda Metro Jaya dan langsung ditindaklanjuti.

Baca juga: Polri jelaskan telegram Kapolri agar tak ragu ambil tindakan

Baca juga: Buruh-mahasiswa jebol gerbang DPRD Jateng tolak UU Cipta Kerja


"Kita diminta mengirimkan tiga pleton atau satu SSK personel Brimob ke Jakarta," ucap-nya

Satake mengatakan pada Rabu (7/10) akan dilakukan upacara pelepasan pasukan ke Jakarta yang dipimpin langsung Wakapolda Sumbar Brigen Pol Edy Mardianto di Mako Brimob Padang Sarai Kota Padang.

"Pasukan ini akan bertugas membantu pengamanan di Ibu Kota Jakarta hingga situasi aman dan terkendali," kata dia.

Menurut dia pengiriman pasukan ini tidak akan mengganggu kesiapan pengamanan di Sumbar sendiri karena hari ini juga dilakukan pengamanan unjuk rasa di DPRD Sumbar pada Rabu siang

Sementara itu Polda Sumatera Barat mengerahkan 950 personel gabungan mengawal pelaksanaan unjuk rasa mahasiswa terkait pengesahan RUU Ciptaker yang akan dipusatkan di gedung DPRD Sumatera Barat pada Rabu (7/10).

Ia mengatakan 950 personel tersebut terdiri personel Polda Sumbar dan Polresta Padang yang terdiri dari unit Samapta, Brimob dan lainnya melakukan pengamanan di lokasi

"Kita bertugas untuk melakukan pengamanan agar aksi tersebut berjalan dengan baik dan aspirasi mereka dapat tersalurkan," ujar dia.

Baca juga: Polisi jaga aksi tolak RUU cipta kerja
Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020