diperlukan materi khutbah Shalat Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama akan memasok materi khutbah Shalat Jumat sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama/khatib.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam webinar, Selasa, mengatakan pada masa kini diperlukan materi khutbah yang berwawasan sesuai perkembangan zaman.

"Saat ini diperlukan materi khutbah Shalat Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman," kata dia.

Baca juga: MUI ajak khutbah Jumat diperpendek waktunya saat wabah

Ia mengatakan selama ini Kemenag telah menyiapkan naskah-naskah khutbah Shalat Jumat gratis, termasuk naskah yang isinya menyasar generasi milenial.

Bahan-bahan khutbah dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id/. Laman tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

Baca juga: PKUB Kemenag RI: Utamakan musyawarah selesaikan konflik umat beragama

Baca juga: Jateng peringati Hari Santri 22 Oktober secara virtual


Menurut dia, Kemenag berupaya menjalankan program-program yang tujuannya untuk mempromosikan moderasi beragama.

Selain penyediaan materi khutbah, kata dia, Kemenag juga melakukan pembaruan buku-buku ajar, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan, pembentukan Pokja Moderasi Beragama dan penyusunan buku Moderasi Beragama.

Amin mengatakan program itu merupakan bagian dari meningkatkan intensitas penyelesaian konflik intraumat beragama melalui konten-konten yang menyejukkan dan berwawasan Islam moderat.

Baca juga: Munas MUI digelar akhir November 2020

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020