Jakarta (ANTARA) -
Ketua KPU RI Arief Budiman dan anggota Pramono Ubaid Tanthowi yang dinyatakan positif COVID-19 pada September 2020 sudah sembuh atau negatif hasil dari pemeriksaan tes usap (swab test).
 
Pelaksanaan Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa keduanya telah melaksanakan tes usap, cek darah, dan foto atau scan toraks terakhir pada hari Jumat, 23 Oktober 2020, di tempat yang berbeda.
 
"Dari tes swab hari itu, pada hari Sabtu (24/10) telah diketahui bahwa Pramono telah dinyatakan negatif. Sementara itu, Arief Budiman baru diketahui hasilnya pada hari ini, Senin (26/10), dan hasilnya negatif," kata Ilham.

Baca juga: Setelah dampingi Arief Budiman, Ketua KPU Sulsel positif COVID-19

Keduanya, lanjut dia, telah melakukan isolasi selama kurang lebih 35 hari setelah dinyatakan terpapar virus COVID-19.
 
"Dalam rapat pleno pada hari ini, keduanya telah menyampaikan laporan mengenai perkembangan kesehatan mereka," katanya lagi.
 
Berikutnya, rapat pleno memutuskan Arief Budiman kembali bertugas sebagai Ketua KPU RI mulai Selasa, 27 Oktober 2020, sementara Pramono selama ini tetap aktif sebagai anggota KPU RI namun melaksanakan tugas secara WFH (bekerja dari rumah).
 
"Mulai hari ini (Senin, 26/10) telah kembali melaksanakan tugasnya sebagaimana biasanya," ucap Ilham.

Baca juga: Ketua KPU Arief Budiman positif COVID-19
 
KPU RI menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik instansi pemerintah, RSPAD, Satgas COVID-19, Puskesmas Pejaten Barat, maupun para tenaga kesehatan, yang selama ini merawat dan memantau kesehatan kedua pimpinan KPU RI sehingga keduanya pulih seperti sediakala.
 
"Saya mohon maaf jika selama menjadi Plh. Ketua KPU RI ada pernyataan dan komentar saya yang membuat teman-teman tidak berkenan. Semoga kita semua selalu sehat," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020