42 orang positif COVID-19 di Purwakarta sembuh di hari terakhir PSBM

42 orang positif COVID-19 di Purwakarta sembuh di hari terakhir PSBM

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Purwakarta Deni Darmawan. (ANTARA/Istimewa)

Purwakarta (ANTARA) - Sebanyak 42 orang yang sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh pada hari terakhir penerapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di wilayah Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, Jabar.

"Hari ini bertambah tujuh orang terkonfirmasi positif. Selain itu, sebanyak 42 orang lainnya yang sebelumnya positif COVID-19 kini telah dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat Deni Darmawan di Purwakarta, Senin.

Baca juga: Warga Bekasi diminta tidak keluar daerah saat libur panjang

Ia mengatakan secara kumulatif kasus positif COVID-19 berjumlah 509 orang. Rinciannya, sebanyak 378 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 26 orang meninggal dunia dan 105 orang yang masih dirawat.

Atas hal itu, pihaknya meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjalankan program-program adaptasi kebiasan baru di masa pandemi ini, khususnya yang berkaitan dengan perubahan perilaku seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Gugus Tugas Purwakarta: Kasus positif COVID-19 masih fluktuatif

Baca juga: Purwakarta terapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro wilayah perkotaan


"Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Purwakarta," kata dia.

Selain itu, Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan juga melakukan langkah-langkah strategis dengan melakukan pelacakan yang efektif, pelaksanaan manajemen klinis sesuai Permenkes Nomor 413 Tahun 2020.

Ia mengatakan dalam upaya mempercepat penanganan pandemi, Gugus Tugas juga terus melakukan tes cepat dan usap secara masif. Karena dengan semakin banyaknya warga yang menjalani tes, akan lebih mudah untuk mendeteksi jika ada warga yang terkonfirmasi positif. Hal itu akan mempercepat tindakan medis.

Baca juga: Gugus Tugas Purwakarta: Kasus positif COVID-19 cenderung naik

Baca juga: Gugus Tugas Purwakarta: Kesembuhan pasien COVID-19 cenderung tinggi
Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020