Palu (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan Indonesia banyak berutang kepada Muhammadiyah, salah satunya berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia.

"Negara Indonesia berutang banyak kepada Muhammadiyah. Entah sudah berapa banyak anak didik Muhammadiyah yang telah memiliki jasa untuk negeri," tutur senator asal Dapil Jawa Timur itu di sela kunjungan kerjanya ke Kota Palu, Rabu.

Baca juga: Jokowi apresiasi peran Muhammadiyah pada kesehatan dan ekonomi

Pada perayaan hari jadi (milad) ke-108, LaNyalla Mahmud Mattalitti mengucapkan selamat milad kepada Muhammadiyah yang disebut memberi banyak jasa untuk negara.

"Saya AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia mengucapkan selamat milad yang ke-108 Muhammadiyah, dengan keyakinan Islam berkemajuan, Muhammadiyah berdiri untuk berperan dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia," ujar LaNyalla.

Tema peringatan milad Muhammadiyah tahun ini adalah "Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri". LaNyalla pun menyinggung soal peran besar Muhammadiyah untuk Indonesia.

Menurutnya, Muhammadiyah memiliki lebih dari 7.000 sekolah dan madrasah, baik sekolah dasar, maupun menengah.

Lalu ada lebih dari 170 pendidikan tinggi yang meliputi universitas, sekolah tinggi, institut, hingga akademi, kata LaNyalla.

Baca juga: Jokowi akui keunggulan fasilitas pendidikan dan kesehatan Muhammadiyah

LaNyalla juga menyinggung soal banyaknya pelayanan fasilitas kesehatan milik Muhammadiyah dan pelayanan lainnya yang dibangun untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

"Di bidang pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Muhammadiyah memiliki lebih dari 450 fasilitas rumah sakit, serta ratusan panti asuhan dan panti sosial lainnya," tuturnya.

Belum lagi banyaknya sarana ibadah milik Muhammadiyah yang tersebar di Indonesia. Setidaknya ada 12 ribu masjid dan mushala milik Muhammadiyah.

“Berbagai hal telah dilakukan Muhammadiyah untuk mewujudkan agar masyarakat Muslim di Indonesia dapat menjalankan syariat sesuai ajaran dan tauladan Nabi Muhammad SAW," tuturnya.

LaNyalla pun mendoakan agar Muhammadiyah semakin maju. Ia berharap warga Muhammadiyah bisa semakin banyak membangun untuk negeri.

“Sukses dan maju untuk Muhammadiyah,” kata LaNyalla.

Baca juga: Presiden harapkan Muhammadiyah ikut perangi hoaks vaksin COVID-19

Baca juga: Gubernur Khofifah harapkan Muhammadiyah konsisten jaga cerahkan umat


Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020