Jakarta (Antara) -Telkomtelstra, bekerja sama dengan ipSCAPE, Oracle dan SME, menyediakan solusi teknologi inovatif yakni Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement guna mengimplementasikan telehealth di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.  

Dengan teknologi inovatif ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien poliklinik non-Covid, sehingga mengurangi risiko terpapar COVID-19 ketika berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan bagi lebih banyak pasien dengan aman.

Siaran pers Telkomtelsta menyebutkan, solusi teknologi Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement dapat membantu pasien yang terinfeksi atau dicurigai terpapar virus COVID-19 untuk dimonitor dan dinilai secara remote (jarak jauh) oleh RSUD Tarakan terkait kondisi kesehatannya serta rekam medis penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Solusi ini diberikan untuk poliklinik dengan risiko COVID-19 yang tinggi dan penyakit komorbid, yakni untuk dokter spesialis paru, spesialis THT, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan spesialis syaraf.

Berbekal kedua teknologi tersebut, rumah sakit dapat mengidentifikasi penyakit dan memberikan perawatan yang tepat serta mengurangi interaksi fisik antara petugas medis dan pasien.

Sebagai sarana untuk bisa melindungi petugas medis dari risiko virus COVID-19, teknologi ini juga secara transparan menyimpan segala rekam medis sebagai bentuk interaksi pasien dan dokter dalam bentuk digital.

"Kami sangat senang dapat mendukung RSUD Tarakan dalam memberikan solusi telehealth yang bertujuan untuk mencegah kunjungan fisik pasien yang tidak kritis ke rumah sakit," kata Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra.

Solusi Cloud Contact Center memungkinkan rumah sakit untuk melakukan panggilan keluar jarak jauh kepada pasien yang mendaftar melalui situs rumah sakit atau dirujuk oleh Puskesmas guna verifikasi dokumen pribadi serta penilaian informasi lebih lanjut.

"Setelah itu, agen Contact Center akan memandu pasien untuk mengakses solusi teknologi kami yang lain, yakni Digital Customer Engagement, yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan dan melakukan konsultasi video online dengan dokter di rumah sakit,"jelas Agus.

Agus menambahkan bahwa Telkomtelstra membuka pintu lebar untuk berkolaborasi dengan rumah sakit lainnya dengan kedua solusi ini yang dapat dimulai dengan skema POC (proof of concept)/committed trial.

Drg. Dian Ekowati, MARS, Direktur RSUD Tarakan mengatakan, peningkatan jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan akut di rumah sakit maupun di unit perawatan intensif (ICU) dan pasien konfirmasi positif tanpa gejala. Penerapan layanan telehealth dapat menjadi pilihan yang lebih aman bagi pasien dengan mengurangi potensi terpapar virus. Pada saat yang sama, teknologi ini juga dapat mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dengan meminimalkan lonjakan jumlah pasien di fasilitas rumah sakit, sekaligus mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh tenaga kesehatan.

"Dengan solusi telehealth, rumah sakit dapat memberikan jawaban atas pertanyaan pasien dan mendiskusikan masalah secara real time dari jarak jauh, seperti pada kunjungan rumah sakit biasa, tetapi dari kenyamanan rumah pasien," ujar Dian.

Telkomtelstra bekerja sama dengan ipSCAPE, Perusahaan Cloud Contact Center terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan cara yang aman dan nyaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit dalam melakukan pemeriksaan pasien dan mengumpulkan informasi penting sebelum konsultasi langsung dilakukan.

"Dengan meningkatnya permintaan untuk layanan dan dukungan rumah sakit selama pandemi, Cloud Contact Center dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan daya tanggap rumah sakit sambil menangani semua pertanyaan dengan aman. ipSCAPE menyediakan teknologi pengalaman pelanggan yang memungkinkan pasien untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit secara remote atau jarak jauh tanpa perlu kunjungan fisik dalam kasus situasi non-darurat," kata CEO ipSCAPE Fiona Boyd.

Untuk Digital Customer Engagement, Telkomtelstra didukung oleh teknologi Digital Experience Solution dari Oracle. Bersama dengan Oracle, kolaborasi ini memperluas kemampuan telehealth rumah sakit untuk memberikan konsultasi pasien dengan dokter dan spesialis yang dilakukan secara virtual melalui video. Pasien sekarang dapat menerima konsultasi perawatan primer dari rumah, tempat kerja, atau lokasi lain yang mereka pilih.

Telkomtelstra adalah perusahaan patungan antara PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan Telstra Corporation Limited (Telstra) yang merupakan perusahaan telekomunikasi dan layanan informasi terkemuka di Australia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020