Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya MDI Ventures perusahaan modal ventura bersama dengan Finch Capital perusahaan teknologi keuangan berkolaborasi meluncurkan Arise Fund yaitu perusahaan pendanaan tahap awal bagi para startup teknologi Indonesia.

“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk menciptakan ekosistem teknologi digital yang sehat dan terus berkembang, demi memperkuat ekonomi digital Indonesia serta membangun sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang modern,” Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Kedua pihak sepakat mendorong investasi untuk pengembangan startup dengan meluncurkan Arise Fund, yaitu perusahaan investasi dengan fokus pendanaan tahap awal bagi startup teknologi Indonesia.

“Kehadiran Arise Fund ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital di Indonesia sehingga mampu mendorong Indonesia untuk maju menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara di tahun 2025 nanti,” kata Ririek.

Baca juga: Erick: Telkom jadi kepercayaan investor karena mampu beradaptasi

Peluncuran Arise Fund dilakukan di Jakarta, Kamis (26/11) dihadiri petinggi dari MDI Ventures dan Finch Capital, Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, dan CEO MDI Ventures Donald Wihardja yang juga disaksikan secara virtual Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar.

Arise Fund didirikan untuk memberdayakan generasi baru pendiri startup, terutama yang muncul di tengah-tengah krisis ekonomi yang melanda di tahun 2020. Dengan target aset kelolaan sebesar 40 juta juta dolar AS, Arise Fund secara aktif membantu startup pra-seri A tidak hanya dalam hal pendanaan, tapi juga memberikan jalur yang jelas bagi startup untuk melakukan validasi, bertumbuh, berkembang, hingga melakukan exit.

Arise Fund secara langsung membantu dalam mencocokkan produk startup terhadap pasar sehingga memudahkan untuk strategi masuk pasar yang paling efektif.

“Kami memiliki beragam pedoman untuk memfasilitasi proses ini, yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan berbagai ekosistem teknologi yang berbeda, baik di Eropa, Asia, dan di Silicon Valley - wilayah-wilayah pasar di mana MDI Ventures dan Finch Capital aktif berinvestasi,” kata General Partner Arise Aldi Adrian Hartanto dari MDI.

Pada tahap awal, startup dapat bergabung dengan inkubator Indigo Nation besutan Telkom untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan dan dapat dikembangkan.

Baca juga: Telkom bukukan laba Rp16,68 triliun pada kuartal III

Arise Fund kemudian mendukung perjalanan startup tersebut pada tahapan berikutnya. MDI Ventures membantu menghubungkan startup tersebut dengan berbagai bisnis yang dikelola oleh TelkomGroup dan perusahaan BUMN lainnya, sementara Finch Capital juga akan melakukan hal yang sama dengan daftar mitra korporat blue-chip yang dikelolanya.

Berikut startup tersebut berpotensi untuk dapat menerima investasi dari Centauri Fund di tahapan seri A, kemudian lewat MDI Ventures di seri B dan selanjutnya, hingga akhirnya sukses melalui akuisisi maupun melalui penawaran saham perdana kepada publik (IPO).

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020