NasDem apresiasi kadernya di kementerian raih predikat tertinggi KIP

NasDem apresiasi kadernya di kementerian raih predikat tertinggi KIP

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah. ANTARA/Syaiful Hakim/aa.

Jakarta (ANTARA) -
DPP Partai NasDem mengapresiasi kinerja tiga kadernya yang kini menjabat menteri di Kabinet Indonesia Maju karena kementerian yang mereka pimpin meraih predikat tertinggi dalam hal keterbukaan informasi publik.
 
Hal itu didasarkan atas hasil monitoring dan evaluasi (Monev) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) sepanjang tahun 2020.
 
Ketua Bidang Media dan Komuniskasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah di Jakarta, Rabu, mengatakan prestasi yang diraih oleh ketiga kementerian, yaitu Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) NasDem itu patut disyukuri.

Baca juga: Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital
 
"Meraih predikat sebagai kementerian yang informatif tentu tidak terlepas dari keberadaan pimpinan di lembaga itu sendiri. Kami sangat bersyukur, bangga, dan mengapresiasi capaian itu," katanya
 
Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin memberikan kepercayaan kepada kader Partai Nasdem untuk memimpin di tiga kementerian. Mereka yaitu Jhonny G Plate sebagai Menteri Kominfo, Siti Nurbaya sebagai Menteri KLHK dan Syahrul Yasin Limpo yang dipercaya sebagai Menteri Pertanian.
 
Menurut Charles, keterbukaan informasi publik oleh badan publik negara merupakan amanat UUD 1945 dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik beserta aturan turunannya, sebagai wujud pelayanan terhadap Hak Asasi dan Hak Konstitusional warga negara Indonesia atas informasi.

Baca juga: DPR desak KI Pusat tingkatkan keterbukaan informasi badan publik
 
Anggota Komisi IV DPR RI itu mengungkapkan, Kementerian Pertanian bahkan untuk kali pertamanya berhasil memimpin di kelompok kementerian Klasifikasi Informatif dengan skor 97,99 persen, dan menggeser posisi Kementerian Keuangan yang selama ini selalu bertengger di posisi pertama.
 
"Kami berharap predikat sebagai kementerian dalam Klaster Informatif ini terus dipertahankan setiap tahunnya," imbuh Charles.
 
Klasifikasi tertinggi dalam ajang Monev tahun 2020 ini adalah Klasifikasi Informatif, yakni badan publik yang seluruh akumulasi nilai untuk seluruh tahapan Monev mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 90.
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020