Itu adalah prasyarat kita untuk tetap bisa waspada dan kendalikan COVID-19 agar tetap bisa melaksanakan kegiatan produktif dan inovatif sehingga kegiatan masyarakat serta ekonomi mampu kita pulihkan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan masyarakat harus turut membantu pemerintah dalam mengendalikan penyebaran COVID-19 di Indonesia karena kasusnya semakin hari terus meningkat.

“Perlu didukung oleh seluruh masyarakat kita,” kata Sri Mulyani dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis.

Sri Mulyani menyebutkan kasus COVID-19 di seluruh dunia saat ini telah mencapai lebih dari 64,5 juta orang dengan jumlah korban meninggal sebanyak 1,49 juta jiwa.

Baca juga: Sri Mulyani ajak masyarakat tetap produktif dan inovatif meski pandemi

Di Indonesia sendiri hingga 3 Desember 2020 telah mencapai 550 ribu kasus dengan total kematian sebanyak 17.199 jiwa dan penambahan per hari pada seminggu terakhir lebih dari 5 ribu orang.

Oleh sebab itu Sri Mulyani memastikan pemerintah terus waspada untuk menangani COVID-19 baik dalam hal mengendalikan penyebarannya, meningkatkan tingkat kesembuhan masyarakat, dan mencegah kematian.

Ia menjelaskan upaya pemerintah tercermin dari meningkatkan langkah 3T yakni melakukan testing kepada lebih dari 30 ribu orang per hari, tracing, serta treatment.

Baca juga: Sri Mulyani khawatir naiknya kasus COVID-19 berdampak pada ekonomi

Sri Mulyani menuturkan masyarakat dapat berkontribusi dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan melalui 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Itu adalah prasyarat kita untuk tetap bisa waspada dan kendalikan COVID-19 agar tetap bisa melaksanakan kegiatan produktif dan inovatif sehingga kegiatan masyarakat serta ekonomi mampu kita pulihkan,” jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Sri Mulyani: Program PEN beri bantuan luar biasa bagi masyarakat

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020