Koba, Babel, (ANTARA) - Sebanyak 197 pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah dinyatakan sembuh dari paparan virus corona.

Data tabulasi perkembangan COVID-19 di daerah setempat pada Sabtu (5/12) malam mencatat, total terkonfirmasi positif virus corona sebanyak 228 orang dengan rincian 197 orang sembuh, dua meninggal dunia dan 29 orang masih dalam perawatan.

Angka kesembuhan tercatat bertambah jika dibandingkan dengan data pada Jumat (4/12) tercatat sebanyak 192 orang pasien yang dinyatakan sembuh atau terjadi penambahan sebanyak lima pasien yang sembuh.

Baca juga: Menaker Ida yakin dapat segera pulih pascakonfirmasi positif COVID-19

Kendati tercatat lima pasien sembuh hari ini, namun juga terdata sebanyak lima pasien baru positif terpapar virus corona di hari yang sama, sehingga total angka pasien yang terkonfirmasi positif corona bertambah dari 223 orang menjadi 228 orang.

Persentase sembuh per kasus hingga hari ini mencapai 86,4 persen dan persentase meninggal per kasus 0,9 persen.

Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar mengatakan terjadi lonjakan kasus dalam beberapa hari ini berasal dari klaster keluarga.

"Penelusuran warga terkontak terus kami lakukan secara masif pada setiap kecamatan," ujarnya.

Ia mengimbau warga tetap taat terhadap protokol kesehatan COVID-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

"Antisipasi dari masyarakat itu adalah dengan selalu mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Kasus meninggal akibat COVID-19 Lampung bertambah 5 total 206 kematian
Baca juga: Pasien COVID-19 di Tanjungpinang bertambah 37 orang
Baca juga: Tujuh pasien COVID-19 di Pesisir Selatan sembuh

Pewarta: Ahmadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020