Simpang Empat,- (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) kembali bertambah lima orang, Sabtu.

"Bertambahnya lima orang ini menjadikan kasus positif Pasaman Barat mencapai 360 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan dari total 360 orang itu, 275 orang sembuh, 19 orang meninggal dunia dan 66 orang masih positif menjalani perawatan saat ini.

Baca juga: 197 pasien COVID-19 Bangka Tengah sudah sembuh

Ia menyebutkan penambahan lima orang itu berdasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang.

Kelima orang itu adalah pria inisial HI (21) warga Jorong Saroha Tamiang Kecamatan Lembah Melintang, pria inisial MIC (26) warga Jorong Kartini Kecamatan Gunung Tuleh, pria inusial MR (24 ) warga Jorong Sumba Kecamatan Lembah Melintang.

"Ketiganya diduga kontak dengan pasien kasus positif sebelumnya," katanya.

Kemudian wanita inisial NA (22) warga Jorong Labuai Kecamatan Koto Balingka yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya, wanita inisial S (55) warga Kampung V Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pasien suspek COVIF-19.

Menurutnya untuk tiga pasien konfirmasi positif tersebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina serta direncanakan untuk diisolasi di Diklat BKPSDM Talu Kecamatan Talamau Pasaman Barat.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 bertambah 20 orang di Kota Solok

Khusus untuk pasien NA rencananya diisolasi di RS Ibnu Sina Bukittinggi dan S diisolasi di RSUD Pasaman Barat.

Pihaknya saat ini juga telah melaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau tracking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengharapkan masyarakat saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.***3***

Baca juga: Pasien COVID-19 di Tanjungpinang bertambah 37 orang
Baca juga: Kasus meninggal akibat COVID-19 Lampung bertambah 5 total 206 kematian
Baca juga: Menaker Ida yakin dapat segera pulih pascakonfirmasi positif COVID-19

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020