Jakarta (ANTARA) - Menjelang liburan Natal dan tahun baru, maskapai serta biro perjalanan daring, online travel agent, (OTA) berlomba-lomba menarik perhatian konsumen dengan memberi potongan harga untuk tiket pesawat hingga hotel.

Aplikasi airasia.com menggelar Super Sale di situs web dan aplikasi yang berlangsung hingga 20 Desember, menawarkan diskon hingga 60 persen untuk tiket pesawat, hotel, paket kombo penerbangan dan hotel, WiFi hingga bagasi serta kursi dan makanan.

Baca juga: Tauzia Hotels dan WE+Indonesia lindungi tamu dengan asuransi

Hingga penghujung 2020, AirAsia telah membuka kembali rute-rute domestik sekaligus menambah 5 rute baru yaitu Padang, Pekanbaru, Palembang, Pontianak dan Bandung-Bali. Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan diskon ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat yang ingin bepergian pada akhir tahun hingga tahun depan.

“Kami juga berharap promosi-promosi yang kami hadirkan dapat membawa dampak positif terhadap para pelaku industri wisata dan ekonomi masyarakat di daerah destinasi. Tentunya kami terus mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat bepergian agar kita bersama-sama dapat menerima manfaat dari kembali bergeliatnya pariwisata domestik di tanah air, seraya kita menantikan masyarakat mancanegara dapat segera kembali menikmati pesona Indonesia nantinya," kata Veranita dalam keterangan resmi, Senin.

Diskon hingga 50 persen juga berlaku untuk semua penerbangan domestik AirAsia, serta diskon hingga 20 persen untuk penerbangan dengan maskapai apa pun ke mana pun untuk periode 5 Januari hingga 30 Juni 2021.

CEO airasia.com Karen Chan mengatakan 2020 adalah tahun yang menantang, kendati demikian di akhir tahun ada kabar baik yang hadir, seperti kehadiran vaksin.

Dia menyebutkan, di Malaysia ada lonjakan trafik pengunjung laman tersebut setelah pemerintah mengizinkan perjalanan antarnegara.

"Kami juga telah meluncurkan rute-rute domestik baru di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina untuk memenuhi permintaan pelanggan. Tren ini memberikan sinyal positif untuk perjalanan udara, dan airasia.com siap untuk menyambut lebih banyak permintaan di masa mendatang.”

Baca juga: Pengalaman "staycation" di Bali & Lombok jelang akhir tahun

Sementara itu, biro perjalanan daring PegiPegi juga menawarkan program diskon pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, bus dan travel hingga 70 persen. Periode promosi ini berlangsung pada 14 Desember 2020 - 3 Januari 2021 di aplikasi Pegipegi.

PegiPegi menawarkan program flash sale di mana pelanggan bisa menikmati diskon hingga 70 persen sekaligus tambahan diskon 40 persen dari partner bank Pegipegi. Promo hotel akan dilakukan pada pukul 12:00 - 18:00 WIB selama periode promo berlangsung.

Untuk pemesanan tiket pesawat, tersedia diskon hingga Rp300.000 serta diskon tambahan dengan menggunakan kupon Pegipegi. Promo pesawat akan dilakukan pada pukul 18:00 - 21:00 WIB selama periode promo berlangsung.

Shella Dellina, Brand Marketing Manager Pegipegi mengatakan, “Data dari survei kami menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat akan pergi berlibur di akhir tahun. Untuk itu, kami ingin membuat liburan akhir tahun kali ini agar dapat dijangkau dengan promo yang besar dan beragam dari kami.

Ia menambahkan, program ini juga menjadi upaya untuk membantu pemerintah meningkatkan pariwisata Indonesia.

Shella menuturkan pihaknya menyambut momen libur akhir tahun dengan semangat dan optimisme bahwa permintaan pemesanan hotel, sekaligus permintaan pemesanan perjalanan baik pesawat, kereta, bus dan travel akan meningkat lebih dari periode new normal saat pandemi biasanya.

"Kami juga tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan, salah satunya dengan memesan hotel-hotel dengan filter “Clean & Safe Stay”, tambah Shella.


Baca juga: Bagi-bagi nasi padang di penerbangan menuju Padang

Baca juga: Teknologi digital solusi pemulihan pariwisata

Baca juga: Bali Zoo kembali bangkit di tengah pandemi COVID-19

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020