Kami berharap, kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas hasil penelitian Puslitbang Polri
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) bersinergi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama tentang kegiatan riset, pengembangan, dan peningkatan sumber daya manusia kedua belah pihak.

"Kerja sama yang akan terjalin meliputi program penelitian dan pengembangan bersama, pertukaran informasi di bidang kajian, riset, dan data kepustakaan, serta pengembangan kapasitas SDM," kata Wakil Rektor UI Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi dalam keterangannya di Depok, Rabu.

Implementasi kerja sama ini diharapkan semakin mengokohkan posisi UI untuk mewujudkan sinergitas triple helix antara universitas, pemerintah, dan pihak industri.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Brigjen Polisi Drs. Guntur Setyanto, M.Si (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri) dan Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Wakil Rektor UI Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset).

Baca juga: MPR-UI sepakat kerja sama bidang riset dan kajian

Kemitraan ini bertujuan meningkatkan sinergitas UI dengan Polri yang telah terjalin dengan baik. Penandatanganan perjanjian kerja sama UI dengan Balitbang Polri juga dihadiri oleh Direktur Kerjasama UI Dr. Toto Pranoto dan Kasubdit Kerjasama Akademik dan Pemerintah UI, Dr. Eko Sakapurnama.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri Guntur Setyanto mengatakan sinergitas Polri dan UI sebagai strategis.

Puslitbang Polri memiliki tugas pokok menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan, baik di bidang pembinaan maupun operasional kepolisian melalui kegiatan inovasi dan rekayasa.

Selain itu pengawasan uji terhadap materiil, fasilitas, maupun jasa yang digunakan oleh satuan kerja kepolisian lainnya dalam organisasi.

"Kami berharap, kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas hasil penelitian Puslitbang Polri," katanya.

Baca juga: UI-BPK kerja sama perkuat sinergitas dan koordinasi
Baca juga: UI-Kementerian BUMN kerja sama pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020