kerja sama antara Mustika Ratu dan Universitas Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di antara kedua pihak, dengan melakukan penelitian, pelatihan, pengembangan inovasi baru bersama dengan pemanfaatan sumber daya alam.
Depok (ANTARA) - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat terkait manufacturing kosmetik dan jamu tradisional.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang dalam keterangannya, Selasa, mengatakan kerja sama antara Mustika Ratu dan Universitas Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di antara kedua pihak, dengan melakukan penelitian, pelatihan, pengembangan inovasi baru bersama dengan pemanfaatan sumber daya alam.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tumbuhan asli Indonesia yang berkhasiat sudah dikaji dan dituangkan di dalam buku Alam Sumber Kesehatan yang ditulis oleh Dr. BRA Mooryati Soedibyo, Sang Empu Jamu lebih dari 20 tahun yang lalu.

Baca juga: Rektor UI: Percepatan digitalisasi penting di tengah pandemi

Buku itu diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk riset dan pengembangan produk herbal dan kosmetik di masa sekarang dan yang akan datang.

Melalui kerja sama Mustika Ratu dan Universitas Indonesia diharapkan dapat membantu masyarakat dalam penyediaan produk kesehatan yang berbahan alami asli Indonesia yang sangat bermanfaat serta berkontribusi kepada negara Indonesia.

Mustika Ratu dan Universitas Indonesia juga bisa melakukan riset dan pengembangan produk herbal lainnya yang memiliki manfaat besar baik untuk kebutuhan kesehatan maupun pangan. Ini akan menjadi kerja sama yang baik untuk kedua belah pihak, kata Bingar Egidius Situmorang.

Baca juga: Luhut dorong obat modern asli Indonesia masuk sistem JKN

Sementara itu Rektor UI Prof. Ari Kuncoro mengatakan sangat mendukung terjalinnya kolaborasi penta helix, yang dapat dilihat dari kerja sama yang dikembangkan bersama dengan Mustika Ratu.

Sinergitas dengan Mustika Ratu merupakan ikhtiar dan kerja bersama untuk dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Selain itu, kerja sama dengan Mustika Ratu menjadi penting dalam masa pandemi ini, karena dapat turut mendukung pengembangan akademik dan riset serta inovasi, khususnya ilmu sains dan kesehatan, yang dapat memberikan banyak manfaat bagi keduanya maupun masyarakat.

Prof. Ari juga berharap kemitraan ini bisa menjadi jembatan emas bagi UI dan Mustika Ratu dalam mengembangkan sektor pendidikan, kesehatan, sosial dan juga ekonomi dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

ruang lingkup kerja sama dari Nota Kesepakatan Bersama ini mencakup lima aspek pertama
penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, kedua penyelenggaraan kegiatan olmiah, penelitian, seminar, dan lokakarya. Selanjutnya ketiga peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Keempat pengembangan inovasi produk baru, manufacturing dan komersialisasi produk kategori kosmetik dan obat tradisional.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020