Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo resmi melantik Ir. Hartono sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dalam upacara pelantikan yang dilaksanakan di Istana Negara pada pagi hari ini.

Dalam pantauan siaran langsung oleh kantor Sekretariat Presiden di Jakarta pada Rabu, dibacakan pengangkatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 78/M Tahun 2020 tentang Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara REpublik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa negara," demikian ucap Hartono, mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Presiden lantik Kepala Badan Narkotika Nasional

Dengan pengangkatan itu maka Hartono resmi menggantikan Nazir Foead sebagai kepala badan yang ditugaskan untuk merestorasi gambut dan mangrove yang telah terdegradasi di beberapa wilayah di Indonesia.

Hartono sendiri sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris BRG, yang sekarang telah resmi berganti nama menjadi BRGM, sejak badan itu pertama kali dibentuk pada 2016.

Sebelum berkecimpung di BRGM, Hartono mendedikasikan kariernya sebagai pegawai negeri sipil di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan jabatan terakhir adalah Direktur Kawasan Konservasi pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Dia adalah lulus dari Universitas Gadjah Mada pada 1981 dengan gelar Sarjana Kehutanan dan kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjanan di Universitas Edinburgh di jurusan Pengelolaan Sumber Daya Alam pada 1998.

Selain Hartono, Presiden Joko Widodo di saat bersamaan juga melantik Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional.

Sebelumnya di hari yang sama Presiden juga melantik enam menteri Kabinet Indonesia maju yang baru yaitu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik enam menteri dan lima Wakil Menteri

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020