Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirim 10 truk berisi bahan pangan dengan muatan 70 ton untuk membantu kebutuhan korban gempa di Sulawesi Barat.

Truk itu berangkat dari Kantor Cabang ACT Sulsel di Kota Makassar menuju ke lokasi bencana di Majene dan Mamuju, Sulbar, Selasa.

Kepala Program ACT Sulsel Firman di Makassar, mengatakan setiap truk berisi kebutuhan logistik yang sangat dibutuhkan para pengungsi atau penyintas bencana di Sulbar.⁣

Bantuan yang dikirim sesuai informasi dari tim Emergency Respon ACT yang berada di lokasi bencana, bahwa saat ini warga terdampak mengalami kesulitan bahan pangan untuk bertahan di lokasi pengungsian.

Baca juga: Satgas Bencana TNI AL distribusi bantuan ke posko pengungsian

“Mengingat toko dan pasar pun belum banyak yang buka, ekonomi masih belum pulih. Bantuan prioritas yang kami kirimkan ini berupa beras, minyak, air minum dan gula," ujarnya.

Firman mengatakan bantuan tahap pertama ini diharapkan dapat meringankan beban para penyintas bencana gempa Sulbar, mengingat adanya wilayah yang tidak terjangkau bantuan karena hanya terpusat di Kota Mamuju saja sehingga tidak sampai ke pelosok.⁣

Beberapa waktu lalu, ungkap Firman, tim ACT melakukan penelusuran hingga ke pelosok. Didapatkan pengungsi yang berada di perbukitan wilayah Desa Mekkatta Selatan, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat tidak mendapatkan bantuan.

Padahal, terdapat sekitar 100 jiwa berada di tenda pengungsian menunggu uluran tangan yang sampai saat ini belum ada.

"Nantinya bantuan ini akan disimpan di Posko Induk ACT yang ada di Mamuju, kemudian didistribusikan ke titik pengungsian yang sebelumnya telah di assestment oleh tim kami, sehingga bantuan ini akan lebih tepat sasaran,” ungkapnya.⁣

Tim ACT mencatat terdapat 56 orang meninggal, 826 orang luka-luka, sekira 15.000 jiwa mengungsi. Sementara bangunan rusak yakni 300 rumah, dua pelabuhan, dua fasilitas kesehatan, dua hotel, dua minimarket dan dua kantor pemerintahan⁣⁣⁣ dan tiga jalan longsor.

Baca juga: BNI Makassar serahkan bantuan untuk korban gempa Sulbar
Baca juga: AP II Belitung salurkan bantuan untuk korban banjir
Baca juga: Polda Jatim kirim 25.165 paket bantuan sembako ke Kalsel dan Sulbar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021