Jakarta (ANTARA) - Liga Champions Asia dan kompetisi klub Piala AFC akan dimainkan di tempat terpusat akibat pandemi COVID-19, kata Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) seperti dikutip Reuters, Senin.

Badan pengelola sepak bola Asia mengatakan bahwa pertandingan fase grup Liga Champions Asia untuk divisi barat akan diadakan 14-30 April, sedangkan wilayah timur dimainkan dari 21 April sampai 7 Mei.

Piala AFC yang menjadi kompetisi level dua kawasan ini akan dimainkan di zona selatan, tengah dan timur pada 14 Mei, sebelum pertandingan zona barat dimulai 23 Mei, sedangkan zona ASEAN dijadwalkan berlangsung 22-28 Juni.

Liga Champions Asia yang awalnya akan diikuti 40 tim itu akan menggelar final dua leg pada 21 dan 27 November, sedangkan final Piala AFC akan digelar 26 November.

Baca juga: Ulsan Hyundai juarai Liga Champions Asia
Baca juga: Liga Champions Asia dan Piala AFC 2021 diusulkan tersentralisasi


Undangan dan ketuan-rumahan akan diberikan kepada asosiasi-asosiasi anggota yang berpartisipasi setelah undian fase grup yang akan diadakan Rabu pekan ini.

Edisi Liga Champions Asia 2020 ditunda sampai Maret karena pandemi. Semua pertandingan babak knockout setelah berkompetisi bergulir lagi akan dimainkan di Qatar termasuk partai final di Stadion Al Janoub.

AFC juga memutuskan telah membatalkan Kejuaraan U-16 AFC 2020 di Bahrain dan Kejuaraan U-19 AFC 2020 di Uzbekistan karena ancaman pandemi.

Edisi berikutnya kedua kompetisi itu akan diberikan kepada tuan rumah yang sama pada 2023. Uzbekistan akan menjadi tuan rumah Piala Asia AFC U-20 dan Bahrain akan menjadi tuan rumah turnamen AFC U-17, demikian Reuters.

Baca juga: Presiden AFC ajak anggota bersabar hadapi dampak finansial pandemi

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021