Karyawan Pertamina Jatimbalinus donorkan plasma konvalesen

Karyawan Pertamina Jatimbalinus donorkan plasma konvalesen

Pelaksanaan donor plasma konvalesen yang dilakukan oleh karyawan Pertamina di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jalan Embong Ploso, Surabaya, Jumat (29/1) (ANTARA /HO Pertamina/A.M)

Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 35 karyawan PT Pertamina Marketing Region Jatim, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus), melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jalan Embong Ploso, Surabaya, sebagai bentuk kepedulian sosial di masa pandemi COVID-19 yang masih melanda di Tanah Air.

Area Manager Medical Pertamina Marketing Region Jatimbalinus dr Siti Arum Alia di Surabaya, Jumat, mengatakan aksi sosial donor plasma konvalesen ini merupakan upaya untuk menyukseskan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicanangkan pemerintah tanggal 18 Januari 2021.

"Transfusi Plasma Konvalesen merupakan salah satu terapi bagi pasien COVID-19 sebagai upaya untuk meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian dari COVID-19," kata Siti, kepada wartawan.

Kegiatan sosial ini, juga merupakan inisiasi oleh Fungsi Medical Pertamina Marketing Region Jatimbalinus yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia di Surabaya.

"Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang selalu diperingati setiap tanggal 12 Januari," kata Arum.

Executive General Manager Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, C.D Sasongko mengatakan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjunjung tinggi nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), Pertamina selalu berusaha bersama dengan masyarakat untuk aktif menghadirkan semangat dan membangkitkan negeri dari Pandemi COVID-19.

"Sesuai dengan nilai harmonis, kami mengajak karyawan Pertamina Penyintas COVID-19 untuk dapat saling berbagi bersama dengan masyarakat yang membutuhkan untuk berjuang melawan Pandemi COVID-19 dan kembali menggerakkan roda perekonomian nasional,” ujar Sasongko.

Kegiatan donor plasma konvalesen bagi karyawan Pertamina ini tentunya sudah melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di perusahaan.

"Dimana seluruh personel yang terlibat pada kegiatan donor ini sudah dilakukan screening terlebih dahulu dan calon pendonor dinyatakan sehat serta memenuhi kriteria untuk donor plasma konvalesen," katanya.

Sementara itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus pada tanggal 1-2 Desember 2020 lalu.

"Sejak awal pandemi Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus sudah melakukan pendataan terhadap para penyintas COVID-19 untuk dimasukkan ke daftar calon pendonor plasma konvalesen. Selain itu, beberapa dari daftar penyintas COVID-19 ini juga secara mandiri telah melaksanakan donor plasma secara rutin," katanya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian serta mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh COVID-19.
 
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021