Jakarta (ANTARA) - Pemain anyar Southampton, Takumi Minamino, berpeluang melakoni debut saat The Saints menyambangi markas Newcastle United dalam laga pekan ke-23 Liga Inggris di St. James' Park, Sabtu malam ini.

Gelandang serang tim nasional Jepang itu baru tiba awal bulan ini sebagai pinjaman dari Liverpool dan hanya mendapat kesempatan berlatih singkat dengan rekan-rekan barunya, tetapi manajer Ralph Hasenhuettl mengaku tidak keberatan jika Minamino turun sejak awal lawan Newcastle.

"Seharusnya bisa. Saya tahu dia tak banyak bermain sebelumnya, tetapi kondisinya bugar. Ia juga tahu sepak bola pressing yang ingin kami mainkan," kata Hasenhuettl dilansir laman resmi Southampton, Jumat malam.

Baca juga: Liverpool pinjamkan Takumi Minamino ke Southampton hingga akhir musim

Hasenhuettl mengaku ia mampu berkomunikasi baik dengan Minamino soal pola permainan yang ingin diterapkannya, terlebih pemain Jepang itu mahir berbahasa Jerman.

"Ia pemain bagus dan Anda bisa melihat langsung kualitasnya kala mengendalikan bola," katanya.

"Saya tentu tidak membebani dia menjadi pembeda pertandingan akhir pekan ini, tetapi saya rasa jika dia bermain baik dan bisa membantu tim, itu lebih dari sekadar sukses yang cukup," ujar Hasenhuettl menambahkan.

Baca juga: Manchester United bantai Southampton 9-0
Baca juga: Southampton lapor polisi soal kasus pelecehan rasial Alex Jankewitz


Hasenhuettl mengaku sudah memantau Minamino semenjak masih memperkuat Red Bull Salzburg dan ia cukup kecewa ketika Liverpool menyalip Southampton untuk mendapatkannya pada Januari tahun lalu.

"Saya yakin dia akan cocok dengan permainan kami, sebab karakternya sesuai kebutuhan tim ini," ujarnya.

"Artinya, kami harus bisa menempatkannya dalam posisi untuk membantu tim secara optimal, serta mengasah kemampuannya mengambil keputusan, baik itu umpan yang bagus ataupun menembus pertahanan lawan, semoga saja dia juga bisa mencetak gol untuk kami, itu tentu akan sangat membantu," pungkas Hasenhuettl.

Southampton berada di urutan ke-12 klasemen dengan 29 poin, setelah kalah empat pertandingan beruntun dan memiliki catatan nirmenang dalam empat laga tandang terakhirnya.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Manchester City kembali jaga jarak di puncak
Baca juga: Arteta berharap Nicolas Pepe jaga performa apik
Baca juga: Intervensi kecerdasan buatan dalam menekan cedera pesepak bola

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021