Sebagai entitas bagian dari ekosistem bisnis di Indonesia, kami memotivasi perusahaan untuk tetap memperhatikan ekuitas brand meski dalam situasi yang tidak mudah ini
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai berhasil mempertahankan ekuitas merek selama terjadinya pandemi COVID-19.

Keberhasilan mempertahankan ekuitas merek itu menjadikan kelima BUMN tersebut yakni PT Pertamina, PT Telkom, PT Telkomsel, PT Kimia Farma, dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) masuk dalam jajaran perusahaan yang mendapatkan Iconomics Marketing Brands Award 2021 Millennial's Choice.

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro di Jakarta, Sabtu, mengatakan, tahun 2020 menjadi tahun penuh tantangan, semua institusi/perusahaan telah bergelut dengan penurunan penjualan dan keterbatasan anggaran operasional yang memaksa mereka melakukan penyesuaian target.

"Sebagian industri masih berupaya untuk tetap membangun pondasi jangka menengah panjang dengan Research and Development (R&D), branding, serta berbagai upaya go-to-market lainnya," kata Bram melalui keterangan tertulis.

Baca juga: BEI: Performa perusahaan BUMN naik sejak masuk ke bursa

Dengan pemulihan yang semakin di depan mata, berbagai institusi telah mulai berekspansi kembali untuk mempersiapkan diri di 2021 dan tahun-tahun berikutnya.

Berbekal pengalaman tahun 2020 dan harapan untuk kembali ke tingkat bisnis pasca-pandemi pada akhir 2021, maka ancang-ancang pertumbuhan pun telah mulai ditanamkan, salah satunya adalah dengan brand building.

"Sebagai entitas bagian dari ekosistem bisnis di Indonesia, kami memotivasi perusahaan untuk tetap memperhatikan ekuitas brand meski dalam situasi yang tidak mudah ini," katanya.

Bram mengatakan ajang Iconomics Marketing Brands Award 2021 Millennial’s Choice yang digelar secara virtual pada Jumat (5/2) malam itu bertujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil mempertahankan ekuitas merek di masa sulit.

Baca juga: Erick Thohir berharap BUMN Indonesia menjadi preferensi global

Sebelum pemberian apresiasi Iconomics Marketing Brands Award 2021 Iconomics melakukan riset pada ruang lingkup merek produkdi setiap kategori industri.

Kriteria penilaiannya meliputi awareness, image, dan engagement.

Riset yang dilakukan kepada lebih dari 10 ribu responden dilakukan secara online kepada responden milenial yang tersebar di 10 wilayah. Yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, dan Bali.

Selain lima BUMN, sebanyak 70 lebih perusahaan swasta juga dinilai berhasil dalam mempertahankan ekuitas merek selama masa pandemi, baik perusahaan makanan, farmasi, perbankan, elektronik, komputer, finansial dan lain-lain.

Baca juga: Erick akan listing sampai dengan 12 BUMN untuk melantai di bursa saham
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021