Jakarta (ANTARA) - Southampton gagal menciptakan kebangkitan saat menelan kekalahan 2-3 melawan Newcastle United, kendati kubu tuan rumah harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain dalam laga pekan ke-23 Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Sabtu.

Newcastle harus kehilangan Jeff Hendrick yang menerima kartu kuning kedua lima menit selepas memasuki babak kedua, tetapi tim besutan Steve Bruce itu tampil gigih menjaga keunggulan 3-2 yang sudah mereka miliki hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

The Magpies, yang meraih kemenangan keduanya dalam lima pertandingan terakhir, memelihara momentum untuk menghindari degradasi dan menjaga posisi mereka di urutan ke-16 dengan catatan 25 poin.

Sementara Southampton yang kini menelan kekalahan dalam lima pertandingan beruntun sementara tertahan di urutan ke-12 dengan 29 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Minamino berpeluang debut kala Southampton sambangi Newcastle

Pertandingan itu diwarnai penampilan debut bagi pemain pinjaman di kubu masing-masing, yakni Joe Willock untuk Newcastle dan Takumi Minamino di skuat Southampton.

Willock menandai debutnya dengan mencetak gol pembuka keunggulan Newcastle pada menit ke-16, ketika pemain pinjaman dari Arsenal itu menyelesaikan umpan tarik matang kiriman Allan Saint-Maximin.

Strategi Newcastle mengandalkan bola-bola panjang kembali berbuah manis pada menit ke-26, saat Saint-Maximin mengirim umpan indah lainnya yang kali ini diselesaikan oleh Miguel Almiron untuk menggandakan keunggulan atas Southampton.

Empat menit berselang giliran Minamino, pemain pinjaman dari Liverpool, yang menandai debutnya dengan sebuah gol. Pemain tim nasional Jepang itu berhasil mengejar umpan Ryan Bertrand sebelum menaklukkan kiper Karl Darlow dengan sepakan keras demi memperkecil ketertinggalan Southampton 1-2 dari tuan rumah.

Pada menit keempat injury time babak pertama, Newcastle mampu merestorasi keunggulan dua gol mereka saat Almiron kembali menjebol gawang Southampton memanfaatkan keteledoran barisan pertahanan tim tamu.

Baca juga: Joelinton terancam sanksi karena melanggar protokol COVID-19

Berawal dari umpan buruk kiper Alex McCarthy, Almiron menjegal Bertrand untuk merebut penguasaan bola dan melepaskan tembakan yang membuat Newcastle turun minum dalam keunggulan 3-1 atas Southampton.

Southampton mengawali babak kedua dengan sangat baik sebab tiga menit selepas sepak mula James Ward-Prowse melepaskan eksekusi tendangan bebas yang melewati pagar hidup dan memperdaya Darlow untuk membuat kedudukan jadi 2-3.

Lantas pada menit ke-50, Hendrick mendapat kartu kuning kedua setelah menarik jatuh Minamino membuat Southampton mendapat keuntungan besar.

Situasi 11 lawan 10 berusaha segera dimanfaatkan Southampton, tetapi Darlow mampu mementahkan sundulan tajam Jannik Vestergaard dalam situasi sepak pojok.

Pada menit ke-63, Southampton memperoleh peluang lain saat Nathan Redmond mengirim umpan yang disambut tembakan sentuhan pertama Danny Ings, tetapi bola masih membentur tiang gawang sebelum diamankan Darlow.

Baca juga: Southampton lapor polisi soal kasus pelecehan rasial Alex Jankewitz

Southampton terus memberondong pertahanan Newcastle dan semenit jelang bubaran waktu normal, Ings sudah mampu memperdaya Darlow, tetapi bola disapu oleh Isaac Hayden sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ketiga injury time, Vestergaard mendapat peluang emas untuk mengamankan satu poin bagi Southampton ketika bola jatuh di hadapannya tepat di muka gawang, tetapi tembakannya malah melambung tinggi tak tentu arah, memastikan Newcastle menutup pertandingan dengan kemenangan 3-2.

Di pertandingan selanjutnya, Newcastle akan bertandang ke markas Chelsea pada Senin (15/2).

Sedangkan Southampton bakal menjalani dua pertemuan beruntun melawan Wolverhampton, yakni untuk babak kelima Piala FA pada Kamis (11/2) di Molineux dan tiga hari kemudian di St. Mary's.

Baca juga: Ollie Watkins jadi pembeda Aston Villa saat menang atas Arsenal
Baca juga: Tuchel utamakan bangun kepercayaan pemain ketimbang hasil
Baca juga: Klub Manchester dan Merseyside bersatu kutuk rasisme di media sosial

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021