Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah rumah warga yang ada di lima kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, rusak setelah adanya angin puting beliung.

"Pada Senin, 8 Februari 2021, tepatnya pukul 16.00 WIB telah terjadi angin puting beliung akibat cuaca buruk dan menyebabkan warga yang ada di 5 kecamatan di Kabupaten Pesawaran terdampak," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pesawaran, Mustari saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan kronologis terjadinya angin puting beliung di Kabupaten Pesawaran terjadi setelah adanya hujan lebat disertai angin kencang sehingga mengakibatkan sejumlah rumah warga, sekolah dan tempat wisata rusak.

Baca juga: BMKG ingatkan waspadai hujan lebat dan angin kencang di Lampung

Baca juga: BMKG: Lampung berpotensi hujan lebat-angin kencang


"Ada 7 desa dari 5 kecamatan yang dilanda angin puting beliung, yakni di Kecamatan Way Lima, Desa Cimanuk ada 14 unit rumah warga, serta 1 sekolah dasar yang rusak, lalu di Kecamatan Way Khilau di Desa Kota Jawa ada satu Madrasah Tsanawiyah yang rusak, dan Desa Panengahan ada 1 rumah warga rusak," katanya.

Ia mengatakan selanjutnya di Kecamatan Gedong Tataan tepatnya di Desa Sungai Langka ada 1 unit rumah warga yang rusak, selanjutnya di Kecamatan Teluk Pandan Desa Gebang tempat wisata Klara mengalami rusak berat, dan di Kecamatan Padang Cermin di Desa Tambangan dan Desa Banjaran masing-masing ada 1 rumah warga yang rusak.

"Kita terus mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang masih melanda di sejumlah daerah, dan tadi melalui BPBD Pesawaran Bupati telah menyerahkan bantuan kepada warga terdampak," ujarnya.

Menurutnya, selain waspada terhadap bencana alam akibat cuaca ekstrem, masyarakat juga diharapkan dapat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan sebab pandemi COVID-19 masih berlangsung.*

Baca juga: Di Pringsewu-Lampung sejumlah rumah roboh diterjang hujan-angin

Baca juga: 63 rumah rusak diterpa angin puting beliung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021