Burnley disingkirkan tim kasta kedua Bournemouth dari Piala FA

Burnley disingkirkan tim kasta kedua Bournemouth dari Piala FA

Pemain sayap Bournemouth Junior Stanislas mengeksekusi tendangan penalti untuk mengunci kemenangan atas Burnley dalam laga putaran kelima Piala FA di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Selasa (9/2/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/SIPA USA/Simon Whitehead)

Jakarta (ANTARA) - Burnley disingkirkan tim strata kedua Bournemouth dari Piala FA setelah menelan kekalahan 0-2 dalam laga putaran kelima di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kekalahan itu jadi hasil mengenaskan bagi Burnley, mengingat Bournemouth awal bulan ini baru memecat manajer mereka Jason Tindall dan tampil di laga ini didampingi bos interim Jonathan Woodgate.

Gol sontekan Sam Surridge dan eksekusi penalti Junior Stanislas menjadi penentu kelolosan Bournemouth ke babak perempat final Piala FA untuk pertama kali sejak 1956/1957, demikian catatan laman resmi FA.

Baca juga: Mantan gelandang Arsenal Jack Wilshere sepakat gabung Bournemouth

Burnley mengawali pertandingan itu dengan sebuah keteledoran yang hampir membuat mereka melanggar aturan administratif karena mendaftarkan Erik Pieters dalam starting eleven, padahal bek asal Belanda itu sedang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Menyadari kesalahan itu, Sean Dyche mengganti Pieters dengan Anthony Glennon untuk mengisi posisi bek kiri.

Ketidaksiapan Burnley berlanjut di awal pertandingan ketika pertahanan mereka terus dibombardir oleh Bournemouth, kendati tembakan voli Stanislas masih menyamping dari sasaran.

Pada menit ke-21, Bournemouth membobol gawang Burnley untuk mencuri keunggulan lewat aksi bek Jack Stacey yang merangsek membantu serangan sebelum mengirim umpan tarik matang yang diselesaikan dengan sontekan mudah oleh Surridge.

Agresivitas Bournemouth berlanjut dan lima menit jelang turun minum kesempatan bagus mereka untuk menggandakan keunggulan dalam situasi sepak pojok, sayangnya kiper Bailey Peacock-Farrell melakukan penyelamatan gemilang untuk mencegah Dale Stephens mencetak gol bunuh diri.

Baca juga: Jamu Tottenham di Piala FA, Everton ingin ulangi kemenangan awal musim
Baca juga: Mourinho berharap Alli bersinar setelah sempat ditepikan oleh Spurs


Burnley memasuki babak kedua dengan intensitas serangan yang lebih baik dan hampir menyamakan kedudukan tiga menit selepas sepak lanjut, tetapi tembakan penyelesaian Matej Vydra masih bisa dimentahkan kiper Asmir Begovic.

Begovic kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-54 untuk menggagalkan tembakan jarak jauh Dwight McNeil.

Dua menit berselang, Burnley membuang peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika Jay Rodriguez menembak bola dari jarak dekat ke atas mistar gawang.

Alih-alih mampu bangkit, Burnley malah melakukan kesalahan fatal ketika Kevin Long menjatuhkan Surridge di dalam area terlarang pada menit ke-87, membuat Bournemouth memperoleh hadiah tendangan penalti.

Stanislas yang menjadi algojo dengan tenang menempatkan bola ke pojok kanan atas gawang, tak terhentikan oleh upaya halauan Peacock-Farrell, demi mengunci kemenangan Bournemouth 2-0 atas Burnley.

Bournemouth jadi tim pertama yang memesan tempat di babak perempat final, yang akan diundi oleh FA selepas rangkaian putaran kelima rampung dimainkan pada Kamis (11/2) waktu setempat (Jumat WIB).

Baca juga: Aguero sudah berlatih tapi belum siap kembali bermain, kata Guardiola
Baca juga: Jamie Vardy dipastikan dapat menit bermain di laga Piala FA
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021