Manchester City melenggang mulus ke perempat final Piala FA

Manchester City melenggang mulus ke perempat final Piala FA

Penyerang Manchester City Raheem Sterling (kiri) mencetak gol kedua timnya ke gawang Swansea City dalam laga putaran kelima Piala FA di Stadion Liberty, Swansea, Wales, Rabu (10/2/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/ACTION IMAGES/Paul Childs.

Jakarta (ANTARA) - Manchester City melenggang mulus ke perempat final Piala FA selepas menang mudah dengan skor 3-1 dalam lawatan ke markas tim kasta kedua Swansea City untuk laga putaran kelima yang berlangsung di Stadion Liberty, Wales, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kyle Walker, Raheem Sterling dan Gabriel Jesus masing-masing menyumbangkan satu gol bagi City, yang hanya bisa dibalas sekali oleh Swansea melalui Morgan Whittaker, demikian catatan laman resmi FA.

Hasil itu sekaligus menjadi kemenangan ke-15 beruntun City di semua kompetisi, sebuah rekor baru yang melampaui raihan serupa 14 pertandingan beruntun milik Preston North End pada 1892 dan Arsenal pada 1987.

Baca juga: Manchester City kian perkasa

Tiba di markas Swansea dengan bekal kepercayaan diri tinggi selepas menumpas juara bertahan Liga Premier Inggris Liverpool 4-1, City mampu membuka keunggulan pada menit ke-30 lewat gol Walker yang sarat keberuntungan.

Walker sebetulnya berusaha melepaskan umpan silang dari sisi kanan ke area tiang jauh, Ferran Torres berusaha menjangkaunya tapi gagal dan bola terlanjur membuat kiper Freddie Woodman terperdaya sebelum bersarang ke dalam gawang tuan rumah.

Dua menit berselang, Swansea berpeluang menyamakan kedudukan sayangnya sundulan Jay Fulton menyambut umpan silang Connor Roberts masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Keunggulan City bertahan hingga turun minum dan digandakan hanya dua menit selepas sepak lanjut babak kedua ketika Rodri Hernandez merebut bola dari tengah kotak penalti dan mengirimkannya ke arah Sterling yang berdiri cukup bebas untuk melesakkannya ke pojok kanan bawah gawang.

Lantas pada menit ke-50, City mencetak gol ketiga mereka lewat Jesus yang berhasil melewati hadangan Joel Latibeaudiere kala mengendalikan umpan sundulan Bernardo Silva dan menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri keras.

Baca juga: Aguero sudah berlatih tapi belum siap kembali bermain, kata Guardiola
Baca juga: Pep Guardiola: kami sudah menjadi juara liga Inggris


Kendati masih lebih banyak ditekan, Swansea mampu membalas pada menit ke-77 melalui tembakan voli Whittaker menyambut umpan silang Ryan Manning, tetapi gol itu berakhir hanya sebagai gol hiburan sebab City tetap menang 3-1 di pengujung laga.

City menyusul langkah rival sekotanya Manchester United dan tim strata kedua Bournemouth yang sehari sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke babak perempat final.

Babak perempat final akan diundi oleh FA pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB) selepas seluruh rangkaian putaran kelima rampung dimainkan.

Baca juga: Scott McTominay antar MU lewati West Ham ke perempat final Piala FA
Baca juga: Burnley disingkirkan tim kasta kedua Bournemouth dari Piala FA
Baca juga: Jamu Tottenham di Piala FA, Everton ingin ulangi kemenangan awal musim
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021