Gol dramatis Iheanacho bawa Leicester lolos ke perempat final Piala FA

Gol dramatis Iheanacho bawa Leicester lolos ke perempat final Piala FA

Penyerang Leicester City Kelechi Iheanacho (atas) mencetak gol sundulan untuk mengunci kemenangan atas Brighton & Hove Albion dalam laga putaran kelima Piala FA di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Rabu (10/2/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Alex Pantling.

Jakarta (ANTARA) - Gol dramatis yang dicetak Kelechi Iheanacho membawa Leicester City lolos ke perempat final Piala FA setelah mengunci kemenangan tipis 1-0 atas Brighton & Hove Albion dalam laga putaran kelima di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Iheanacho mencetak golnya pada menit keempat injury time ketika ia berdiri cukup bebas untuk menyambut sepak pojok James Maddison dengan tandukan tajam yang tak mampu diantisipasi kiper Christian Walton, demikian catatan laman resmi FA.

Pertandingan itu diwarnai penganuliran satu gol untuk masing-masing tim pada pertengahan babak kedua.

Baca juga: Jamie Vardy dipastikan dapat menit bermain di laga Piala FA

Pada menit ke-65 Andi Zeqiri yang mampu memperdaya kiper Danny Ward dengan tembakan lob demi menyarangkan bola ke gawang Leicester, tetapi di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat pertanda offside.

Dua menit kemudian giliran gol Leicester yang dianulir, sebab Cengiz Under terlanjut berada dalam posisi offside ketika menyambar bola muntah hasil tembakan Youri Tielemans.

Tujuh menit sebelum bubaran Brighton hampir memecahkan kebuntuan ketika Alexis Mac Allister mengirim umpan terobosan yang berusaha diselesaikan Zeqiri, tetapi Ward mampu mengamankan gawangnya.

Penyelamatan Ward terbukti krusial, sebab pada injury time Iheanacho mampu mencetak gol untuk mengunci langkah Leicester ke babak perempat final.

Baca juga: Scott McTominay antar MU lewati West Ham ke perempat final Piala FA

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, Sheffield United menang tipis 1-0 atas tim strata kedua Bristol City di Bramall Lane.

Pada menit ke-63, insiden terjadi di dalam kotak penalti Bristol saat tembakan David McGoldrick menghantam mistar gawang setelah berbelok mengenai bek Alfie Mawson.

Namun, wasit Robert Jones berkonsultasi dengan VAR sebelum menyatakan Mawson sengaja menghalau bola tembakan McGoldrick dengan tangannya.

Mawson diganjar kartu merah dan Sheffield mendapat hadiah tendangan penalti yang sukses dikonversi oleh Billy Sharp menjadi gol penentu kemenangan tim besutan Chris Wilder tersebut.

Leicester dan Sheffield mengikuti langkah tim-tim lain yang sudah lolos ke perempat final yakni Bournemouth, Manchester United dan Manchester City.

Mereka akan mengetahui lawan mereka di perempat final ketika FA melakukan pengundian selepas seluruh rangkaian putaran kelima rampung dimainkan pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Baca juga: Burnley disingkirkan tim kasta kedua Bournemouth dari Piala FA
Baca juga: Manchester City melenggang mulus ke perempat final Piala FA
Baca juga: Jamu Tottenham di Piala FA, Everton ingin ulangi kemenangan awal musim
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021