Southampton jejaki perempat final Piala FA selepas singkirkan Wolves

Southampton jejaki perempat final Piala FA selepas singkirkan Wolves

Para pemain Southampton merayakan gol penyerang Danny Ings (kanan) ke gawang Wolverhampton dalam laga putaran kelima Piala FA di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Kamis (11/2/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Hannah McKay)

Jakarta (ANTARA) - Southampton menjejaki babak perempat final Piala FA selepas menyingkirkan sesama klub Liga Premier Inggris, Wolverhampton, lewat kemenangan 2-0 dalam laga putaran kelima yang dimainkan di Stadion Molineux, Wolverhampton, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Danny Ings dan Stuart Armstrong mencetak gol pada awal dan akhir babak kedua untuk mengunci langkah tim besutan Ralph Hasenhuettl itu, demikian catatan laman resmi FA.

Southampton yang tampil agresif sejak awal laga memperoleh peluang pada menit kedelapan saat tembakan Armstrong masih bisa dimentahkan kiper John Ruddy.

Semenit kemudian Ings memamerkan kebolehannya mengendalikan umpan lambung kiriman Oriol Romeu, untuk memperdaya bek Ki-Jana Hoever, tetapi sayang tembakan penyelesaiannya dihadang oleh Romain Saiss yang pasang badan.

Southampton yang terus menekan memperoleh peluang lagi pada menit ke-41, Nathan Redmond gagal menyelesaikan umpan silang Ryan Bertrand dengan baik dan tembakannya terlalu lemah serta mudah dijinakkan Ruddy.

Baca juga: Southampton singkirkan Arsenal dari Piala FA berkat gol bunuh diri

Tuan rumah baru balik mengancam semenit jelang turun minum melalui umpan tendangan bebas Joao Moutinho yang mampu disambut Saiss, tetapi tembakan volinya masih melambung di atas mistar gawang.

Bila mana bola bersarang ke gawang Southampton sekalipun, gol itu pasti akan dianulir sebab Saiss berada dalam posisi offside.

Empat menit memasuki babak kedua, kebuntuan akhirnya pecah ketika Ings menjebol gawang lantaran bola muntah tembakannya memantul mengenai badannya sendiri akibat penyelamatan tak sempurna Ruddy.

Gol itu awalnya dianulir karena offside, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR wasit Jonathan Moss akhirnya mengesahkannya dan memastikan Southampton memegang keunggulan 1-0 atas tuan rumah.

Wolverhampton punya peluang memberi balasan instan, tetapi Fabio Silva yang berusaha menyelesaikan umpan silang Hoever malah melepaskan tembakan melambung di muka gawang.

Baca juga: Southampton lapor polisi soal kasus pelecehan rasial Alex Jankewitz

Southampton hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-68, ketika Redmond mampu meloloskan diri dari jebakan offside untuk menyelesaikan umpan kiriman Armstrong, tetapi Ruddy melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Pada menit ke-80, giliran kiper Southampton Ben Forster yang menghalau bola menggunakan kakinya demi menggagalkan peluang Wolverhampton menyamakan kedudukan lewat Adama Traore.

Penyelamatan Forster dibayar lunas oleh Armstrong yang tepat pada menit ke-90 mengunci kemenangan Southampton lewat golnya memanfaatkan blunder lini belakang Wolverhampton.

Berawal dari umpan balik Leander Dendoncker yang membuat Ruddy dalam keadaan tertekan, bola direbut Nathan Tella dan disodorkan ke arah Armstrong yang berdiri bebas untuk menyelesaikannya dengan tenang ke dalam gawang.

Kendati Southampton sudah unggul 2-0, drama masih terjadi pada menit keempat injury time ketika Tella jatuh di dalam area terlarang dijegal Joao Moutinho yang segera direspon Moss dengan menunjuk titik putih, tetapi selepas berkonsultasi dengan VAR ia membatalkan keputusannya dan hanya menghadiahi tim tamu dengan tendangan bebas dari tepian kotak penalti.

Baca juga: Everton singkirkan Tottenham lewat babak tambahan waktu
Baca juga: Gol dramatis Iheanacho bawa Leicester lolos ke perempat final Piala FA
Baca juga: Manchester City melenggang mulus ke perempat final Piala FA
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021