297 calhaj OKU-Sumsel persiapkan diri berangkat ke Tanah Suci

297 calhaj OKU-Sumsel persiapkan diri berangkat ke Tanah Suci

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU, Sumatera Selatan Abdul Muis. (FOTO ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 297 jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan siap berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji tahun 2021 ini.

"Ada 297 jamaah calhaj asal OKU yang akan diberangkatkan pada Juni mendatang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Ishak Putih melalui Kasi Haji dan Umrah, Abdul Muis di Baturaja, Rabu.

Ia menjelaskan 297 calhaj ini merupakan jamaah yang tertunda berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada 2020 lalu karena pemerintah Arab Saudi menutup perjalanan haji dan umrah akibat pandemi COVID-19.

"Akibat wabah pandemi akhirnya ratusan calhaj OKU ini diberangkatkan tahun lalu," katanya.

Terkait penangguhan izin masuk 20 negara ke Arab Saudi termasuk Indonesia karena adanya jamaah yang positif COVID-19 saat menjalankan ibadah umrah beberapa waktu lalu, Abdul Muis mengaku hal tersebut tidak berpengaruh pada calhaj yang akan berangkat tahun ini.

"Karena sejauh ini penangguhan tersebut hanya untuk jamaah umrah saja. Lagi pula masih ada tenggat waktu cukup lama sejak dikeluarkan penangguhan dengan keberangkatan calhaj nanti," katanya.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh calhaj agar tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh supaya dalam keadaan sehat saat menjalankan ibadah haji nanti.

"Dan selalu berdoa agar pademi COVID-19 segera berakhir sehingga bisa berangkat tahun ini," demikian Abdul Muis.

Baca juga: Meski batal berangkat, CJH OKU pilih tak tarik pelunasan biaya haji

Baca juga: Kabupaten OKU dapat tambahan 61calon haji

Baca juga: Calon haji OKU diimbau gunakan masker antisipasi MERS-CoV Saudi
Pewarta : Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021