BMKG: Waspada hujan sedang-lebat di sejumlah daerah di Indonesia

BMKG: Waspada hujan sedang-lebat di sejumlah daerah di Indonesia

Dokumentasi - Ratusan warga menggunakan payung saat diguyur hujan di Kota Bogor, Jawa Barat. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/kye/aa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia berpotensi hujan sedang hingga lebat pada Senin (8/3).

Menurut informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Senin, hujan sedang berpotensi antara lain terjadi di Denpasar, Yogyakarta, Bandar Lampung, Mamuju, dan Palembang.

Hujan petir diprakirakan terjadi antara lain di Surabaya, DKI Jakarta dan Jawa Barat, sedangkan hujan lebat berpotensi terjadi antara lain di Bali, Aceh, Jawa Timur, dan Gorontalo.

Khusus wilayah Aceh, BMKG mengatakan agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat disertai badai guntur di wilayah Tangse, Aceh Singkil, Subulussalam dan sekitarnya. Ada juga potensi banjir terjadi di wilayah Aceh Selatan, Aceh Singkil, Simeulue dan sekitarnya.

Untuk Bali, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat terutama di wilayah Bali bagian Barat, Tengah, Timur dan Selatan, serta ketinggian gelombang laut yang dapat mencapai 2.0 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Di DKI Jakarta, ada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Cuaca di Banten diprakirakan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian Tengah dan Selatan, dan Kabupaten Lebak bagian Selatan.

Masyarakat di Jawa Barat diminta waspada terhadap potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari di wilayah Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Kuningan.

Cuaca di Jawa Timur diprakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat antara lain di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Bojonegoro, Pacitan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Kediri, dan Kota Kediri.

Sumatera Utara diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat dan Pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Di Sumatera Selatan, ada potensi hujan sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada sore – malam hari di wilayah Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ulu Timur, Muara Enim, Prabumulih, Musi Rawas, Empat Lawang, Lahat, Lubuk Linggau dan Ogan Komering Ilir.

Masyarakat di Lampung perlu waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Way Kanan, Lampung Utara pada sore hari serta wilayah Tuba, Tuba Barat, Lamteng, Metro, Lamtim pada malam hari.

Di Sulawesi Utara, juga ada potensi hujan lebat disertai kilat/petir yang dapat terjadi di wilayah Kotamobagu, Bolmong, Bolmong Utara, dan Bolmong Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat di Gorontalo untuk memperhatikan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat antara siang dan sore hari di wilayah Popayato Taluditi, Paguat, Marisa, Kota Gorontalo, Limboto, Kabila Bone, Suwawa dan sekitarnya.

Masyarakat di Jambi diharapkan agar waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Sarolangun pada siang, sore dan dinihari.

Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Di Kalimantan Timur, ada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir pada pagi hari di wilayah Damai, Laham, dan pada siang hari di wilayah Muara Komam.

Sementara cuaca di Kalimantan Utara diprakirakan hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir pada sore, malam, dan dini hari di wilayah Krayan, Lumbis Ogong, Sungai Boh, dan sekitarnya.
 
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021