Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Sukabumi melonjak

Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Sukabumi melonjak

Update peta sebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Sukabumi, Jabar, pada Senin (8/3/2021). (Antara/Dok/Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi menyatakan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin, (8/3) melonjak dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

"Pada Senin ini jumlah pasien COVID-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit rujukan yang sembuh mencapai puluhan orang," kata Humas Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi Eneng Yulia di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, pasien yang sembuh tersebut mencapai 21 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Cisaat, Jampangkulon, Surade, Kebonpedes, Sukaraja, Parungkuda, Cikembar, Warungkiara, Cibadak, Sukabumi dan Cicurug.

Jika dibanding dengan beberapa hari sebelumnya, pada Senin ini, jumlah pasien yang sembuh melonjak, seperti pada Ahad (7/3), pasien yang sembuh sebanyak lima orang dan Sabtu (6/3), ada delapan pasien sembuh.

Baca juga: Satgas: Pasien probable COVID-19 meninggal bertambah enam orang

Baca juga: Langgar PPKM warga luar Sukabumi diperintahkan kembali ke daerahnya


Dengan demikian, hingga saat ini total pasien yang masih menjalani isolasi sebanyak 133 orang dengan rincian 60 pasien isolasi di rumah sakit rujukan dan 73 pasien menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya.

"Jika dipersentasekan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Sukabumi mencapai 94,01 persen, namun persentase ini setiap harinya masih berfluktuasi tergantung dari jumlah pasien yang sembuh dan warga yang terkonfirmasi positif," ujarnya.

Di sisi lain, Eneng mengatakan selain meningkatnya jumlah pasien yang sembuh pada Senin ini ada delapan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 yakni lima orang dari Kecamatan Cicurug, dua orang dari Kecamatan Parungkuda dan sisanya dari Kecamatan Kapalanunggal.

Dari delapan kasus baru tersebut mayoritas mengalami gejala tertular karena tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota dalam beberapa pekan terakhir, tapi ada juga yang melakukan perjalanan ke Bogor serta pasien dari kasus probable COVID-19.

Meskipun tingkat kesembuhan pasien melonjak dan sudah ada vaksin, ia mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan karena siapapun masih bisa tertular virus mematikan ini.

Kasus COVID-19 di Kabupaten Sukabumi pada Senin ini, total warga yang positif sebanyak 3.728 pasien, sembuh sebanyak 3.508 pasien (94,01 persen), masih menjalani isolasi 133 pasien (3,57 persen) dan meninggal 87 pasien (2,33 persen).*

Baca juga: Warga Sukabumi yang positif COVID-19 terus bertambah

Baca juga: Pemkab Sukabumi terapkan PPKM cegah semakin masif penyebaran COVID-19
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021