Pemkot Jaksel catat hingga 2023 PNS pensiun sekitar 900 orang

Pemkot Jaksel catat hingga 2023 PNS pensiun sekitar 900 orang

Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji (kiri) pada pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa pensiun di Jakarta, Selasa (9/3/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jaksel/am.

Jakarta (ANTARA) - Badan Kepegawaian Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mencatat hingga tahun 2023 diperkirakan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan setempat yang akan memasuki masa pensiun mencapai sekitar 900 orang.

Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji di Jakarta, Selasa, mengatakan PNS yang akan pensiun perlu mendapatkan pembekalan meski merupakan akhir dalam masa kerja.

Baca juga: BP Tapera cairkan dana Taperum milik 367.740 pensiunan PNS

Untuk itu, pihaknya memberikan pembekalan kepada sekitar 50 perwakilan PNS yang akan memasuki pensiun pada 2023 untuk memotivasi dan inspirasi.

Pensiun, ucap dia, bukan merupakan akhir dari segalanya namun pintu berbagai kesempatan baru.

"Salah satunya dengan bekal pengetahuan praktis yang mudah dipahami dan lebih aplikatif sehingga mengisi hari panjang dalam kehidupan," katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kepegawaian Arif Rahman mengatakan pembekalan pegawai yang akan memasuki batas usia pensiun merupakan program rutin setiap tahun.

Baca juga: Pensiunan PNS rasakan manfaat JKN-KIS

"Maksud dari kegiatan ini untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pelaksanaan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara," katanya.

Pembekalan, kata dia, juga sekaligus mempersiapkan PNS dalam menghadapi masa purna tugas.

Pemerintah Pusat akan segera membuka pendaftaran untuk 1,3 juta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang rencananya pada April 2021.

Baca juga: Pensiunan PNS lega biaya cuci darahnya nol rupiah berkat JKN-KIS

Dari total kebutuhan 1,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN), sekitar satu juta lowongan akan dibuka untuk kebutuhan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sisanya sebanyak 189.000 dibuka untuk kebutuhan CPNS dan PPPK di pemerintah daerah.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021