Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan empat program unggulan lalu lintas dalam rangka 100 hari kerja Kapolri yang segera diluncurkan dalam tahun ini.

"Ada empat program unggulan yang saya sampaikan dan ini nanti bisa wujud konkretnya untuk memberi pelayanan publik pada masyarakat," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lantas 2021 di Serpong, Tangerang, Rabu.

Istiono menyebutkan keempat program strategis tersebut, yang pertama adalah masalah pelayanan publik di bidang penegakan hukum yang disebut ETLE atau tilang elektronik.

Dengan ETLE semua penindakan hukum lalu lintas menggunakan mesin dan total ada 12 Polda yang menerapkan tilang elektronik tersebut.

"Ini kami rencanakan nanti 23 April akan adakan launching untuk ETLE," kata Istiono.

Baca juga: Kapolri mengapresiasi korlantas amankan lalu lintas selama pandemi

Program unggulan berikutnya, perpanjangan masa berlaku SIM A dan C menggunakan aplikasi. Layanan ini memudahkan masyarakat tanpa harus berinteraksi ke kantor polisi.

Layanan perpanjangan masa berlaku SIM A dan C ini, lanjut Istiono, nantinya cukup diakses dengan aplikasi bisa dari rumah dan bisa diantar sampai di rumah.

"Ini kemungkinan kami akan launching rencananya tanggal 8 atau 11 April," kata Istiono.

Program unggulan ketiga yakni ujian tulis untuk SIM baru yang kemungkinan juga sama diluncurkan pada April. Dan yang keempat adalah Samsat digital nasional.

"Kita juga akan "launching" Samsat digital nasional pada akhir April kemungkinan. Sebelum lebaran harapan kita udah bisa diselesaikan.

Baca juga: Kapolri minta layanan Lantas Polri beralih ke digitalisasi

Istiono menyebutkan pihaknya tengah bekerja keras untuk mewujudkan program kerja 100 Kapolri lewat program-program unggulan Korlantas.

Jenderal bintang dua ini yakin program-program pelayanan publik itu akan memudahkan masyarakat.

"Kami bekerja keras untuk wujudkan ini secara cepat di program 100 hari. Mudah-mudahan bisa tercapai 100 persen. Itu program-program unggulan. Masyarakat bisa lihat layanan Polri yang lebih baik," kata Istiono.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membuka Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2021 di Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam acara tersebut Kapolri didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Rakernis dihadiri seluruh jajaran Dirlantas Polda Se-Indonesia dan ditayangkan secara virtual yang diikuti oleh jajaran Satlantas Polres se-Indonesia.

Baca juga: Kapolri mengibaratkan petugas Polantas seperti tokoh Marvel

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021