Dinas Kearsipan DKI buka layanan restorasi arsip rusak di Jaktim

Dinas Kearsipan DKI buka layanan restorasi arsip rusak di Jaktim

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta buka pelayanan restorasi dan digitalisasi arsip rusak bagi warga di sejumlah wilayah di Jakarta Timur. (HO- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta menyelenggarakan layanan restorasi dan digitalisasi arsip rusak bagi warga di sejumlah kelurahan Jakarta Timur.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, mengatakan layanan restorasi dan digitalisasi arsip rusak diselenggarakan di enam kelurahan Jakarta Timur yaitu Kelurahan Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Melayu, Cipinang Muara, Cililitan, dan Cawang.

Baca juga: Tersendatnya normalisasi sungai di DKI Jakarta akibat mafia tanah

"Layanan ini kita berikan untuk seluruh warga. Setidaknya penyelamatan arsip dapat terjaga," kata Wahyu Haryadi di Jakarta, Rabu.

Wahyu mengatakan pelayanan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga terdampak  banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta pada Februari 2021.

Baca juga: Jaksel buka layanan restorasi arsip secara gratis

Adapun pelayanan restorasi ini terbuka untuk seluruh jenis arsip yang rusak. Arsip yang diperbaiki, menurut Wahyu, dapat kembali terbaca serta didigitalisasi dengan cara dipindai sehingga pemilik dapat menyimpan secara digital.

Dia menambahkan bahwa layanan restorasi dan digitalisasi arsip ini merupakan upaya jemput bola dari Pemprov DKI Jakarta dalam menyelamatkan arsip warga yang rusak akibat bencana alam.

Baca juga: Penanganan banjir di DKI harus terintegrasi

"Layanan ini bertujuan membatu masyarakat dari kepemilikan dokumen arsipnya yang telah rusak dan dilakukan di 28 Kelurahan wilayah DKI Jakarta," imbuhnya.
Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021