Mataram (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan pemerintah menyelenggarakan kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM #Eksotisme Lombok secara virtual sebagai rangkaian dari Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri pertama.

Kegiatan tersebut diikuti secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gubernur BI Perry Warjiyo, disaksikan Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, dan Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji, di Mataram, Rabu.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa KKI 2021 Belanja Bersama Produk UMKM #Eksotisme Lombok merupakan bentuk dukungan dan upaya BI dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong belanja produk UMKM lokal yang didukung pula oleh 15 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di Indonesia," katanya.

Baca juga: Pemerintah susun skema penyerapan produk UMKM oleh BUMN

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kegiatan tersebut menjadi terobosan besar dan tonggak produk lokal artisan yang berorientasi luar negeri serta mendukung kebiasaan berbelanja produk UMKM lokal yang merupakan tulang punggung (backbone) perekonomian Indonesia.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji menyebutkan kegiatan Belanja Bersama Produk UMKM #EksotismeLombok menampilkan produk unggulan khas NTB, antara lain 341 kain yang dihasilkan oleh UMKM lokal.

Selain itu, produk kopi dari kaki Gunung Rinjani di Kabupaten Lombok Utara, sebanyak 450 paket kopi, baik robusta maupun arabika yang sudah diekspor ke Korea Selatan dan Kanada, serta produk teh kelor sebanyak 530 paket dalam berbagai produk turunannya yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Ia menambahkan kKegiatan tersebut mengedepankan sinergi yang diwujudkan melalui partisipasi dari pimpinan 15 kementerian dan lembaga dalam melakukan belanja online produk UMKM NTB secara bersama-sama.

Baca juga: Presiden ingatkan agar UMKM tidak jadi korban "predatory pricing"

"BI mengajak masyarakat untuk menghadiri berbagai rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id," ucap Heru.

Ia menambahkan dalam hal masyarakat ingin membeli produk UMKM binaan BI, pihaknya menyediakan menu katalog dan kontak pada website KKI.

Menurut Heru, adanya program belanja bersama tersebut, selain merupakan ajang promosi produk UMKM NTB, juga bertujuan untuk mengajak dan mengkondisikan UMKM untuk mulai terbiasa memasuki dunia virtual.

Kegiatan semacam itu juga merupakan fasilitasi kepada UMKM untuk dapat menjual produknya di tengah pandemi COVID-19, sehingga pada gilirannya roda produksi di pengrajin dapat berputar.

"Sampai dengan 10 Maret 2021, hasil penjualan selama kegiatan KKI-Gernas BBI-BWI sudah mencapai Rp408 juta ditambah belanja pegawai BI Provinsi NTB bersama perbankan sebesar Rp320 miliar," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah selaku tuan rumah menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sangat tinggi kepada Bank Indonesia dan Kemenko Marves karena memberikan privilege kepada NTB untuk menyelenggarakan kegiatan KKI, Gernas BBI dan Bangga Berwisata #di Indonesia aja selama satu bulan penuh dengan tema eksotisme Lombok.


 

Pewarta: Awaludin
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021