Sinergi Iluni UI dengan RSCM sudah berlangsung lama dan akan terus ditingkatkan
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) bekerja sama dengan berbagai pihak membuka sentra vaksinasi COVID-19 untuk mendukung program vaksinasi di Tanah Air.

“Kegiatan vaksinasi untuk lansia baik alumni maupun orang tua alumni merupakan kontribusi Iluni UI. Kerja sama dengan RSCM juga merupakan satu kehormatan. Sinergi Iluni UI dengan RSCM sudah berlangsung lama dan akan terus ditingkatkan,” ujar Ketua Umum Iluni UI, Andre Rahadian, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Pembukaan sentra vaksinasi itu diawali dengan program vaksinasi lansia. Dalam program tersebut, Iluni UI mendapat bantuan tenaga kesehatan serta berbagai fasilitas dan layanan kesehatan tambahan dari RSCM. Sedangkan sebanyak 34 orang alumni dan mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI ikut berpartisipasi sebagai relawan perawat dan administrasi.

“Iluni UI membuka pendaftaran, melakukan penjadwalan yang fungsinya sebagai traffic management, dan kami juga membagikan formulir pre-screening untuk penerima vaksin lansia,” papar Andre.

Baca juga: ILUNI UI raih penghargaan atas kontribusi dalam penanggulangan bencana

Andre menambahkan, Iluni UI telah berkomitmen membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan COVID-19 bahkan sedari muncul kasus pertama.

Iluni UI juga telah mengadakan berbagai diskusi daring melalui Forum Diskusi Salemba Policy Center yang membahas perkembangan seputar vaksin COVID-19 dengan mengundang para pakar dan pemangku kepentingan, serta membuat rekomendasi kebijakan kepada para pemangku kepentingan.

Selain itu, Iluni UI mengadakan kampanye penggunaan Twibbon sebagai bentuk dukungan alumni UI terhadap program vaksinasi COVID-19 dengan tagar #AlumniUISiapVaksinCOVID-19. Twibbon tersebut telah diunduh sebanyak 15.000 kali.

“Iluni UI tidak berhenti sampai para program vaksinasi. Kami akan terus berupaya menyediakan layanan dan edukasi kepada masyarakat, khususnya alumni UI sebagai kontribusi untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan mencapai target kekebalan kelompok,” tambah dia.

Baca juga: ILUNI UI salurkan ribuan makanan siap saji bagi penyintas banjir

Sementara itu, Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti, SpJP(K) MARS FIHA menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dengan Iluni UI dalam menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah.

Lies meyakinkan bahwa RSCM sudah cukup berpengalaman dalam menangani vaksinasi untuk COVID-19, khususnya bagi para lansia. Bahkan, RSCM memberikan berbagai layanan kesehatan untuk lansia sebagai bagian dari CSR RSCM.

“Merupakan suatu kehormatan untuk bisa berkolaborasi bersama Iluni UI untuk melayani para alumni UI dalam menerima vaksinasi COVID-19,” kata Lies.

Pelaksanaan vaksinasi alumni diadakan di RSCM Kencana, serta menggunakan dua lantai. Lantai pertama dipergunakan untuk registrasi dan skrining kesehatan para lansia, termasuk pemberian layanan kesehatan tambahan berupa fasilitas pengecekan kesehatan gratis untuk lansia seperti skrining kerapuhan, kognitif dan indera.

Baca juga: ILUNI dukung langkah pembatasan WNA masuk ke Indonesia

Pemberian vaksinasi di lantai dua pun dibagi ke dalam delapan ruangan. Setelah dilakukan vaksinasi, peserta akan diobservasi selama 30 menit untuk memantau kemungkinan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Sebanyak 36 tenaga kesehatan dari RSCM terjun langsung sebagai vaksinator dan observer setelah peserta menerima vaksin. “Kami berupaya memberikan layanan vaksinasi COVID-19 yang aman dan nyaman untuk masyarakat,” imbuh dr. Lies.

Pada kesempatan tersebut, salah satu perusahaan milik alumni muda UI yakni PT Karya Garda Medica bekerja sama dengan Iluni FTUI UI, Viral Consulting, dan FUSIFoundation turut ambil bagian dalam kegiatan vaksinasi alumni dengan memberikan donasi 1.500 pakaian hazmat.

Donasi diserahkan secara simbolis oleh Ketua Umum Iluni FTUI Cindar Hari Prabowo kepada RSCM. Sebelumnya pemberian donasi juga telah dilakukan di beberapa rumah sakit seluruh Indonesia, termasuk dalam waktu dekat untuk melakukan donasi 1.000 pakaian hazmat ke RSUI di Depok berkerja sama dengan Pemerintah Kota Depok.

Baca juga: Iluni UI paparkan ciri investasi bodong

 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021