Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund mendekati empat besar klasemen Liga Jerman selepas menang 2-0 atas Hertha Berlin, yang harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain, dalam laga pekan ke-25 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Dortmund sudah unggul melalui Julian Brandt ketika gelandang Hertha Vladimir Darida menerima kartu merah dan hal itu dimanfaatkan oleh Youssoufa Moukoko untuk melengkapi kemenangan tuan rumah, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Dortmund yang kembali ke jalur kemenangan kini naik ke posisi kelima klasemen sementara dengan koleksi 42 poin, hanya terpaut satu poin dari area empat besar.

Sedangkan Hertha, yang menelan tiga kekalahan dalam lima pertandingan terakhirnya, tertahan di urutan ke-15 klasemen dengan 21 poin.

Baca juga: Marco Reus: Erling Haaland seperti mesin untuk Dortmund

Dortmund tampil menekan sejak awal laga dan hampir membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui eksekusi tendangan bebas Marco Reus yang sudah melewati pagar hidup, sayang bola masih membentur mistar gawang.

Empat menit kemudian, Reus mengirim tendangan bebas ke dalam kotak penalti di mana Erling Haaland memenangi duel udara, tetapi bola masih melenceng di sisi kiri gawang.

Tuan rumah terus menekan melalui kolaborasi Thorgan Hazard dan Jude Bellingham, tetapi tembakan penyelesaian talenta muda Inggris itu masih bisa diamankan kiper Rune Jarstein.

Hertha baru balas mengancam di lima menit terakhir babak pertama, mengandalkan spekulasi jarak jaruh Darida dan Lucas Tousart belum mampu melewati hadangan barisan pertahanan Dortmund.

Baca juga: Mina Raiola klaim cuma ada sepuluh klub yang mampu boyong Haaland

Sembilan menit memasuki babak kedua, Dortmund memecahkan kebuntuan saat bola sodoran Reus diselesaikan dengan sempurna oleh Brandt ke pojok kiri bawah gawang tak terjangkau upaya penyelamatan Jarstein.

Emre Can berkesempatan menggandakan keunggulan Dortmund dalam situasi sepak pojok pada menit ke-77, tetapi tandukannya menyambut umpan silang Giovanni Reyna masih bisa diamankan Jarstein.

Tiga menit berselang, Dortmund mendapat keuntungan besar ketika Darida melanggar keras Reus yang segera direspon wasit Martin Petersen dengan kartu merah langsung, memaksa Hertha melanjutkan laga hanya dengan 10 pemain di lapangan.

Tiang gawang kembali mencegah peluang Dortmund mencetak gol semenit jelang bubaran, mementahkan tembakan Reyna, tetapi pada menit pertama injury time Moukoko mampu melengkapi kemenangan tuan rumah jadi 2-0 lewat gol sudut sempitnya.

Dortmund selanjutnya dijadwalkan bertandang ke markas FC Cologne pada Sabtu (20/3) pekan depan, sedangkan Hertha baru tampil sehari berselang menjamu Bayer Leverkusen.

Baca juga: Wolfsburg gunduli Schalke, Mainz tinggalkan zona merah
Baca juga: Bayern jaga posisi puncak selepas gasak Bremen 3-1
Baca juga: Gladbach kalah lagi, tersungkur di markas Augsburg

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021