Tandon Puri Bintaro solusi mengatasi banjir

Tandon Puri Bintaro solusi mengatasi banjir

Wali Kota Tangsel Airin (kanan, baju putih) bersama sejumlah pejabat memantau Tandon Puri Bintaro yang selesai dibangun untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut. (HO)

Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany
meresmikan Tandon Puri Bintaro Hijau di Kelurahan Pondok Aren, Kecamatan Pondok Aren, sebagai solusi untuk mengatasi 
genangan di wilayah tersebut.

"Kami telah membangun tandon ini sebagai ikhtiar kami dalam mengatasi masalah banjir. Bantu kami untuk memelihara, menjaganya, terutama untuk tidak mencoret-coret," kata Airin 
dalam keterangannya, Ahad.

Ia menambahkan, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) pada2021 membangun tandon di beberapa titik. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi banjir di Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Pemukiman warga hingga jalan di Tangsel terendam banjir
Baca juga: Dinas PU Tangsel siaga ratusan karung pasir antisipasi tanggul jebol


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aries Kurniawan menjelaskan, tandon ini dibangun sejak tahun 2020 dengan luas 4.850 meter persegi (m2) sebagai sarana pengendalian banjir di Kecamatan Pondok Aren.

Tandon ini tak hanya sebagai penampungan air tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan masyarakat, seperti lintasan jalan kaki (jogging track). "Kolam ini memiliki kapasitas 3.500 meter persegi dan ada 'jogging track'," katanya.

Tandon ini mampu menampung sekitar 2.100 meter kubik air sehingga bisa membantu masyarakat untuk mengurangi titik genangan pada saat curah hujan meningkat.

Aries juga menegaskan lahan lokasi tandon ini merupakan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang dimiliki perumahan. "Sehingga bisa dikelola oleh pemerintah untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," katanya.
Pewarta : Achmad Irfan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021