Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebuayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan program Kampus Mengajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan membantu pembelajaran siswa selama pandemi COVID-19 tersebut diikuti lebih dari 14.000 mahasiswa.

“Alhamdulillah, ternyata benar bahwa jiwa nasionalisme mahasiswa-mahasiswa kita untuk berpartisipasi dalam sistem pendidikan sangat tinggi, dan inilah yang namanya Merdeka Belajar,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebuayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Nadiem menambahkan melalui program Kampus Mengajar, para mahasiswa dapat membangun kepercayaan dengan murid, guru, dan satuan pendidikan lainnya serta membangun rasa peduli terhadap kebutuhan pembelajaran para murid.

Baca juga: Mahasiswa semester enam bisa ikuti Kampus Mengajar

“Saya percaya setiap anak memiliki potensi untuk berkembang,” kata dia.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam juga memberikan apresiasi yang tinggi pula atas semangat yang ditunjukkan oleh para mahasiswa dalam mengikuti program Kampus Mengajar.

Hal itu merupakan bentuk kepedulian dari para mahasiswa dan diharapkan juga mampu menjadi sebuah solusi bagi para siswa Sekolah Dasar (SD) dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta berkolaborasi dengan guru, mentransfer pengetahuan dan keterampilan terutama tentang digitalisasi.

“Program ini tentu tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak kita di SD, tetapi yang terpenting juga bagi para mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pemahaman tentang permasalahan yang dihadapi di pendidikan kita saat ini,” kata Nizam.

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud, Sri Wahyuningsih, mengatakan sebanyak 149.090 SD saat ini sedang mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat membantu satuan pendidikan SD untuk mendorong melakukan percepatan terhadap ketertinggalan yang selama ini terjadi karena adanya pandemi COVID-19.

“Dari 36.000 lebih mahasiswa yang mendaftar program Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021, dipilih 15.000 mahasiswa yang lolos berdasarkan hasil seleksi sampai tahap akhir,” tutur Sri.

Sri juga mengungkapkan masih banyaknya satuan pendidikan SD yang membutuhkan literasi mengenai digitalisasi di sekolah.

“Saya yakin, adik-adik mahasiswa ini sudah sangat luar biasa pemahamannya dengan digitalisasi, mari kita edukasi dan mendorong adik-adik kita di SD untuk mengenal manfaat dari adanya digitalisasi ini,” imbuh Sri.***3***

Baca juga: Kemendikbud akui pembelajaran jarak jauh jenjang SD tak berjalan baik
Baca juga: Pemerintah gerakkan mahasiswa untuk bantu siswa di daerah tertinggal
Baca juga: Mahasiswa ikut program Kampus Mengajar dapat biaya hidup dan UKT


Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021