Jakarta (ANTARA) - Arsenal bangkit dari ketertinggalan tiga gol yang sempat mereka rasakan saat mengimbangi West Ham United 3-3 dalam laga pekan ke-29 Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Minggu.

Jesse Lingard, Jarrod Bowen dan Tomas Soucek membawa West Ham memimpin 3-0 setelah 32 menit pertandingan berjalan, tetapi Soucek mencetak gol bunuh diri, diikuti gol bunuh diri lainnya dari Craig Dawson yang membuat keunggulan The Hammers terancam.

Alexandre Lacazette lantas mencetak gol untuk Arsenal delapan menit jelang bubaran demi memaksakan hasil imbang, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil imbang itu merugikan West Ham yang membuang kesempatan untuk menjauh kejaran dari Liverpool. West Ham tetap di posisi kelima dengan raihan 49 poin, tetapi mereka cuma unggul tiga poin dari Liverpool dalam perburuan menuju empat besar.

Sedangkan Arsenal, sementara tak beranjak dari urutan kesembilan dengan koleksi 42 poin, sembari menanti hasil pertandingan tunda pekan ke-18 yang dijalani Aston Villa dini hari nanti.

Baca juga: Arsenal menang 2-1 lawan 10 pemain Spurs dalam derbi London
Baca juga: Lingard dipanggil kembali ke timnas Inggris, Alexander-Arnold dicoret


West Ham mengawali penampilan dengan gemilang dan Lingard, yang baru dipanggil kembali ke timnas Inggris, membuka keunggulan tuan rumah dengan tembakan voli menyambut umpan silang Michail Antonio.

Dua menit kemudian, Bowen mampu menggandakan keunggulan West Ham setelah ia menyelesaikan tendangan bebas cepat yang dikirimkan Lingard untuk menaklukkan kiper Bernd Leno dari sudut sempit.

West Ham terus mengendalikan momentum pertandingan dan menambah keunggulan mereka pada menit ke-32 ketika Antonio mampu menanduk umpan silang Vladimir Coufal. Bola sundulan Antonio membentur kaki Soucek, sebelum memperdaya Leno, sehingga gol itu tercatat jadi milik Soucek.

Ironisnya, enam menit kemudian Soucek kembali membenturkan bola, kali ini ke gawang sendiri saat ia berada di posisi kurang beruntung dan membelokkan tendangan voli Lacazette yang membuat Arsenal memperkecil ketertinggalan 1-3.

Arsenal memasuki babak kedua dengan agresivitas penampilan yang lebih tinggi dan Lacazette sudah berhasil memperdaya kiper Lukasz Fabianski dengan tembakan congkel, tetapi Issa Diop bergegas menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Baca juga: David Moyes berharap West Ham permanenkan Jesse Lingard di akhir musim
Baca juga: MU kalahkan West Ham berkat gol bunuh diri

Kerja keras Arsenal membuahkan hasil pada menit ke-61, saat Martin Odegaard mengirimkan umpan indah ke arah Calum Chambers. Chambers meneruskannya menjadi umpan silang berbahaya yang membentur Dawson sebelum melesak ke langit-langit gawang West Ham sebagai gol bunuh diri dan Arsenal mengubah kedudukan 2-3.

Tak mau keunggulan mereka tergelincir begitu saja, West Ham kembali melancarkan serangan tetapi aksi berbahaya Lingard disapu oleh Chambers dan konversi Antonio atas umpan tarik Said Benrahma membentur tiang gawang.

Segala kerja keras West Ham seolah buyar begitu saja pada menit ke-82 ketika Arsenal menuntaskan kebangkitan mereka lewat umpan terukur Nicolas Pepe yang disambut tandukan sederhana Lacazette demi membuat skor imbang 3-3.

Kedua tim berusaha mencari gol kemenangan, tetapi tembakan Pepe mengarah tepat ke pelukan Fabianski dan di ujung lapangan yang berbeda Leno mampu mementahkan tembakan Declan Rice, sehingga skor imbang bertahan hingga bubaran.

Arsenal akan menjamu Liverpool di Emirates dan West Ham bertandang ke markas Molineux pada awal April nanti selepas rangkaian jeda internasional.

Baca juga: Brighton depak Newcastle ke tepi zona degradasi
Baca juga: 'Hotshot Lorimer', sang legenda Leeds United meninggal dunia
Baca juga: Leeds perburuk catatan laga kandang Fulham

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021