Untuk tahun ini, kami dorong meningkat lagi, dan kami telah meluncurkan aplikasi dan platform digital Livin' by Mandiri untuk mengejar target itu
Surabaya (ANTARA) - CEO Regional VIII Jawa Timur 3 PT Bank Mandiri, I Gede Raka Arimbawa mencatat transaksi digital melalui aplikasi milik bank tersebut naik dua kali lipat pada 2020, dari 32,3 juta transaksi finansial pada 2018 menjadi 67,4 juta transaksi, dengan nilai lebih dari Rp103 triliun atau naik lebih dari 65,4 persen.

"Untuk tahun ini, kami dorong meningkat lagi, dan kami telah meluncurkan aplikasi dan platform digital Livin' by Mandiri untuk mengejar target itu," kata Gede, saat pengenalan Livin' by Mandiri di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, Livin' by Mandiri merupakan bagian dari transformasi layanan perbankan digital sebagai inisiatif strategis Bank Mandiri untuk menjadi salah satu Modern Digital Retail Bank, sebab transformasi digital retail banking Bank Mandiri sejauh ini telah berkontribusi optimal bagi pencapaian kinerja.

"Kalau tahun 2018 ke tahun 2020 mengalami peningkatan dua kali lipat, tentunya tahun ini dengan adanya Livin' by Mandiri bisa kembali dua kali lipat," kata Gede, kepada wartawan.

Sebelumnya, Mandiri juga telah mengenalkan Mandiri Clickpay sebagai layanan pembayaran cepat yang memanfaatkan kartu debit pada 2011. Kemudian, perkembangan industri gawai mendorong Bank Mandiri meluncurkan Mandiri Online di tahun 2017 sebagai layanan perbankan terintegrasi pada perangkat gawai ataupun PC yang dapat diakses secara daring 24/7 melalui jaringan internet.

“Kami lalu mengakselerasi transformasi ini seiring pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas sosial sebagai dampak dari Pandemi COVID-19. Alhasil, tahun lalu kami secara bersamaan meluncurkan beberapa inovasi digital terbaru untuk mendukung kebijakan itu," katanya.

Inovasi perbankan digital tersebut antara lain Mandiri Direct Debit untuk transaksi cepat dengan kartu debit berlogo GPN dan Visa di e-commerce.

Sedangkan Mandiri API menjadi solusi inovatif yang mengintegrasikan layanan perbankan Bank Mandiri pada platform digital mitra bisnis. Selain itu, ada juga layanan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) sebagai fitur layanan nasabah berbasis AI pada whatsapp akun resmi Bank Mandiri di nomor 08118414000.

“Untuk mendukung bisnis penyaluran pembiayaan, transformasi digital kami juga telah menghasilkan produk digital lending bagi UMKM yang terdaftar di aplikasi marketplace serta UMKM yang menjadi distributor atau retailer nasabah strategis Bank Mandiri," katanya.

Baca juga: Sri Mulyani ungkap 4 alasan transaksi digital perlu diatur ketat

Baca juga: Dana darurat hingga transaksi digital jadi favorit di masa pandemi

Baca juga: BI targetkan 12 juta "merchant" gunakan QRIS dukung Gernas BBI 2021

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021