Orang tua saya selalu menjadi orang yang bisa membawa kegembiraan bagi orang-orang
Jakarta (ANTARA) - Diego Armando Maradona Junior, putra kelahiran Italia, anak mendiang legenda sepak bola Argentina Maradona, dianugerahi kewarganegaraan ayahnya.

Diego Junior (34), pensiunan pemain divisi bawah, menyelesaikan aplikasi paspornya dalam sebuah upacara di konsulat Argentina di Roma.

Dia merasa dirinya setengah Neapolitan dan setengah Argentina.

Baca juga: Warga Argentina akan unjuk rasa tuntut keadilan atas kematian Maradona

"Saya orang Neapolitan karena saya selalu tinggal di Napoli. Menurut saya seorang Neapolitan selalu berpikir berbeda dari orang Italia," kata Diego Junior kepada AFP dalam bahasa Spanyol dengan aksen Argentina, dikutip Jumat.

"Dan 50 persen lainnya (adalah orang Argentina) karena ayah saya selalu menyampaikan kepada kami cinta yang besar ini untuk Argentina, masyarakatnya, negaranya."

Diego Junior lahir dari salah satu hubungan Maradona saat dia bermain untuk Napoli, dan Maradona mengetahuinya setelah pertarungan di pengadilan.

Meski begitu, dia tetap mengidolakan ayahnya.

"Orang tua saya selalu menjadi orang yang bisa membawa kegembiraan bagi orang-orang. Tidak hanya di lapangan sepak bola ... dia memiliki karisma yang terkadang membuat Anda tidak bisa berkata-kata," kata Diego Junior.

Diego Junior juga mengeluhkan tentang "banyak jurnalis" yang "mencoba menggambarkan (ayah saya) sebagai monster. Dia tidak seperti itu."

Baca juga: Ahli mulai perdebatkan penyebab kematian Maradona

Dia menggambarkan Maradona sebagai "pria penyayang" yang "suka menceritakan lelucon" dan keluarganya "sangat bahagia" saat bersamanya.

Diego Junior juga mendukung kampanye pemerintah Argentina untuk para korban kediktatoran militer tahun 1976-1983 di negara itu.

Selama rezim itu, diperkirakan 30.000 orang -- termasuk puluhan orang Italia -- hilang atau terbunuh, menurut kelompok hak asasi manusia.

Dalam ratusan kasus, bayi anak dari "desaparecidos" (menghilang) diberi identitas baru dan ditempatkan pada keluarga lain.

Pemerintah Argentina sekarang mendesak anak-anak ini -- termasuk siapa saja yang mungkin akhirnya tinggal di Italia -- untuk maju, dengan menawarkan untuk membantu mereka menemukan akar mereka.

"Saya percaya bahwa identitas adalah hak. Saya banyak berjuang untuk itu, meskipun dengan cara yang berbeda," kata Diego Junior, menambahkan bahwa dia merasa "bangga" dapat berkontribusi pada kampanye tersebut.

Maradona, yang dianggap oleh banyak orang sebagai pesepak bola terhebat dalam sejarah, meninggal pada usia 60 tahun pada November 2020, beberapa pekan setelah menjalani operasi otak pembekuan darah, dan setelah puluhan tahun berjuang melawan kecanduan kokain dan alkohol.

Dia diidolakan baik di Argentina maupun di Napoli, di mana dia bermain dari 1984 hingga 1991 dan membantu klub lokal Napoli mengangkat dua gelar Serie A.

Baca juga: Porsche bekas Maradona saat di Sevilla dilelang

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021