Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis sektor kepariwisataan di daerahnya secara bertahap segera kembali pulih karena sektor pendukung lainnya mulai beraktivitas.

"Optimis sektor pariwisata bertahap kembali pulih setelah terdampak  COVID-19 selama satu tahun, karena sektor pendukung seperti UMKM sudah mulai beraktivitas," katanya di Sungailiat, Senin.

Selama pandemi COVID-19 dimanfaatkan dengan melakukan pembenahan berbagai infrastruktur pariwisata termasuk menyusun program strategis untuk menghadapi saat kondisi normal.

"Berbagai program strategis sudah kami susun seperti sarana galeri UMKM yang nantinya menjadi daya minat tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri," jelas Mulkan.

Melalui dinas terkait pihaknya mendorong masyarakat terutama dalam kelompok sadar wisata mampu mengembangkan kreativitas mendukung percepatan pemulihan sektor kepariwisataan daerah.

"Pertumbuhan pariwisata harus mendapatkan dukungan penuh dari berbagai sektor selain keindahan objek wisata dan budaya namun juga peran masyarakatnya," jelasnya.

Potensi wisata di daerahnya hampir terdapat disemua wilayah di kecamatan seperti air terjun, taman bunga dan wisata pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai di daerah lain.

"Hampir di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Bangka memiliki potensi objek wisata dimana kedepannya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Mulkan.

Pewarta: Kasmono
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021