Jakarta (ANTARA) - Tim X44 milik Lewis Hamilton pada Sabtu mencetak waktu tercepat di babak kualifikasi balapan perdana kejuaraan Extreme E, yang mengadu kecepatan dan ketahanan mobil balap SUV elektrik di berbagai wilayah terpencil di dunia.

X44, yang diperkuat duet juara dunia reli sembilan kali Sebastian Loeb dan Cristina Gutierrez, perempuan kedua yang memenangi etape Reli Dakar, mengungguli pasangan Carlos Sainz, juara Dakar, dan Laia Sanz setelah dua babak kualifikasi di gurun pasir Arab Saudi.

Pebalap Australia Molly Taylor dan Johan Kristoffersson dari Swedia mengklaim tempat ketiga untuk tim milik juara dunia F1 2021 Nico Rosberg jelang semi-final dan final pada Minggu, demikian AFP melaporkan.

Baca juga: Debut Extreme E diundur

Tim milik mantan juara dunia F1 Jenson Button finis keenam sedangkan tiga dari sembilan tim gagal ambil bagian pada babak kualifikasi kedua, yaitu Veloce dan Cupra menyusul dua kecelakaan hebat dan Chip Ganassi yang terganjal masalah teknis.

Dirintis oleh Alejandro Agag, yang juga penggagas ajang Formula E, kejuaraan Extreme E memiliki misi untuk mengkampanyekan isu lingkungan yang dihadapi oleh sejumlah wilayah terpencil di berbagai belahan dunia.

Setelah seri di Al-Ula, Arab Saudi pekan ini, kejuaraan itu akan berlayar menyambangi Lac Rose di Senegal, Greenland, hutan Amazon di Brazil, dan gletser Tierra del Fuego di Argentina.

Baca juga: Hamilton siap dorong perubahan lewat kejuaraan Extreme E tahun depan
Baca juga: Hamilton bakal turunkan tim ke kejuaraan off-road elektrik Extreme E

 

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021